Konsleting Listrik Penyebab Kebakaran Gudang di Samarinda

KBRN,Samarinda: Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Samarinda menduga konsleting listrik menjadi penyebab kebakaran  satu gudang dan Workshop suku cadang, tabung gas, bahan plastik dan bahan kimia PT.Sumalindo  Jalan Cipto Mangunkusumo Kelurhan Sengotek Kecamatan Loajanan Ilir Kota Samarinda hangus di lalap di jago merah pada Rabu (4/8/2021) malam.

“Penyebab pastinya kebakaran masih dalam penyelidikan pihak yang berwajib,” kata Plt.Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Samarinda Haji Makmur Santoso kepada RRI Kamis (5/8/2021).

Menurut Makmur, tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran tersebut. Namun beberapa relawan mengalami gatal terkena air bercampur bahan kimia saat memadamkan api.

Sedangkan kerugian akibat kebakaran itu ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

BACA JUGA: Gudang di Samarinda Terbakar, Karyawan Sesak Nafas

Makmur menjelaskan, kebakaran itu terjadi pada pukul 20.20 menit hingga pukul 23.40 menit wita.

Dilaporkan, api baru bisa dikuasai 3 jam lebih karena gudang yang terbakar tersebut berisi tabung gas,bahan plastik dan bahan kimia yang mudah terbakar, sehingga para para petus kesulitan untuk memadamkan kobaran api.

Dijelaskan, dalam memadamkan api,  Disdamkar menurnkan puluhan unit truk tangki portable,yang terdiri dari Disdamkar, PMK wasta, balakar canan, relawna gabungan,pmi dan dibantu Damkar Kabupaten Kuka Unit Loa Janan Ilir, PMK dan Relawan Kukar serta relawan medis Kabupaten Kukar. 

“Kejadian kebakaran gudang penyimpan bahan bakar  PT.Sumalindo kami menurunkan kurang lebih 4 posko untuk memblokir kanan kiri supaya tidak menjalar ke rumah masyarakat, di situ yang terbakar sangat susah kita padamkan karena banyak bahan kimia jadi kami kurang lebih 3 jam baru api bisa padam, kesulitan kita masalah air karena banyak dari limbah,” terangnya.   (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00