Aturan TKA Masuk Diperketat, Transisi 2 Hari

Kementerian Hukum dan HAM, Yasonna Laoly (Dok. ANTARA)

KBRN, Jakarta: Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menambah aturan dalam pembatasan tenaga kerja asing (TKA) masuk ke Indonesia, dan aturan tersebut berlaku sejak hari Rabu (21/7/2021).

Penambahan aturan dalam pembatasan orang asing yang masuk ke Indonesia dilakukan dalam rangka menekan penyebaran Covid- 19, bahkan untuk TKA yang bekerja dalam sektor pembangunan nasional juga dilarang.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly, mengatakan, dalam Permenkumham nomor 27 Tahun 2021 disebutkan orang asing yang boleh memasuki wilayah Indonesia hanya pemegang visa diplomatik dan visa dinas, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, pemegang izin tinggal terbatas dan Izin tinggal tetap, orang asing dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan, serta awak alat angkut yang datang dengan alat angkutnya.

Dengan demikian, TKA yang sebelumnya datang sebagai bagian dari proyek strategis nasional atau dengan alasan penyatuan keluarga kini tak bisa lagi masuk ke Indonesia sebagaimana diatur dalam peraturan ini

"Orang asing yang tergolong pengecualian dalam Permenkumham tersebut juga membutuhkan rekomendasi kementerian/lembaga terkait untuk bisa masuk ke Indonesia," ucap Yasonna dalam keterangan resminya, Rabu (21/7/2021).

Kemudian, untuk orang asing yang hendak masuk dengan alasan kemanusiaan dan kesehatan juga harus mendapatkan rekomendasi terlebih dahulu dari Satgas Covid-19.

"Adapun, orang asing yang masuk dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan sebagaimana dimaksud dalam Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021 juga harus lebih dulu mendapatkan rekomendasi dari kementerian atau lembaga yang menyelenggarakan fungsi penanganan Covid-19," tuturnya.

Yasonna menyebut aturan untuk pelarangan masuknya TKA ke Indonesia diperlukan waktu transisi, lantaran tidak adil jika langsung diberlakukan, padahal ada pihak yang saat ini masih dalam perjalanan ke Indonesia.

"Mengapa transisi 2 hari? Karena baru hari ini kita umumkan, tentunya tidak fair ada orang sedang proses terbang, tidak mungkin langsung kita deportasi, ini yang kita lakukan," ucapnya.

Kebijakan larangan TKA masuk ke Indonesia kini telah diumumkan kepada publik. Yasonna pun telah berkoordinasi dengan Kemlu untuk penerapan kebijakan ini.

"Ini yang selalu berurusan dengan kedatangan orang asing biasanya selalu ada jeda waktu. Saya sudah berkoordinasi dengan Ibu Menlu tentang hal ini juga. Jadi saya kita kebijakan ini akan kita terapkan dengan tentunya dengan ketat dengan harapan bahwa kita bisa menangani pandemi dengan baik," imbuhnya.

Yasonna memastikan, aturan itu sudah dikoordinasikan dengan Kemenlu dan lembaga terkait lainnya. Dia berharap aturan ini dapat berjalan dengan baik. (AL)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00