FOKUS: #VAKSIN COVID-19

TNI-Polri Bantu Percepat Vaksinasi Covid-19

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin (Istimewa)

KBRN, Jakarta: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di daerah, terutama untuk Kabupaten/Kota yang masuk Zona Merah, akan dipercepat, dengan dibantu TNI/Polri.

Dijelaskan, akselerasi program vaksinasi ini agar bisa menyentuh jumlah 700 ribu per hari dalam bulan ini, sementara di bulan depan ditargetkan mencapai jumlah 1 juta vaksinasi per hari.

“Presiden menugaskan kepada TNI/Polri untuk mendampingi program vaksinasi dari Pemda, jadi nanti akan tercapai 600 ribu per hari melalui jalur Pemda, dan 400 ribu per hari jalur sentral TNI/Polri. Kami juga diminta untuk memastikan koordinasi dan suplai vaksinnya berjalan baik,” kata Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan tertulis yang diterima RRI.co.id, Selasa (15/6/2021). 

Hal tersebut menjadi penting, sebab di beberapa daerah seperti Jakarta, Kudus, dan Bangkalan sudah terkonfirmasi varian virus dari India yang mendominasi.

Selain itu, pelaksanaan Genome-Sequencingjuga akan dipercepat untuk melacak Genome(rangkaian DNA/RNA) yang terkait potensi penularan Virus Corona varian baru tersebut.

Budi juga menyampaikan arahan presiden tentang penguatan penerapan prokes di lapangan yanh menginstruksikan kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk memastikan pelaksanaan prokes di lapangan benar-benar sesuai yang dirumuskan dalam aturan yang berlaku.

“Pasalnya, banyak klaster keluarga terjadi khususnya diakibatkan aktivitas mudik/liburan panjang, pariwisata yang berkerumun dan makan bersama,” jelasnya. 

“Jadi Presiden meminta agar aktivitas di mana ada kesempatan membuka maskernya tinggi benar-benar diperhatikan dan implementasi prokes di lapangan diperketat,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00