Anggota KKB Lesmin Waker Tewas Mengenaskan

KBRN, Jakarta: Seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua dari pasukan Pintu Angin Lekagak Telenggen, Lesmin Waker tewas mengenaskan. Lesmi tewas saat pasukan gabungan TNI Polri melakukan upaya penegakan hukum di Puncak. (16/5/2021). 

Tewasnya Lesmin Waker mendapat apresiasi dari tokoh masyarakat Papua. 

“Kami tentu mengapresiasi kerja aparat, kami juga mendengar berita itu (kematian 2 teroris). Sebelumnya memang warga sangat ketakutan karena kelompok teroris ini dengan mudah melakukan penyerangan kepada sipil,” ujar salah seorang tokoh masyarakat, Papua, Yustinus Newegalen seperti dikutip dari akun Instagram Papua Talk yang dilihat RRI.co.id, Selasa (18/5/2021).

Meski berhasil menembak salah dua anggota teroris, Newegalen mengakui jika rasa traumatis masyarakat di Puncak masih belum bisa dihilangkan.

“Ini sebuah keberhasilan, harapannya ya mereka (kelompok teroris) mulai lari dan meninggalkan Puncak sehingga kami bisa hidup damai seperti dulu lagi. Tapi memang masyarakat disini masih teringat rasa takut. Bagaimana mereka berlarian untuk mengungsi dulu, masyarakat tentu sangat khawatir,” jelasnya.

Diketahui, bahwa upaya penegakan hukum yang dilakukan aparat terhadap kelompok teroris tersebut didasari pada rentetan peristiwa teror termasuk penyerangan terhadap warga sipil di Kabupaten Puncak. Atas Eksistensi kelompok teroris tersebut diketahui juga telah membuat situasi keaman di Puncak menjadi terganggu.

Sebelumnya baku tembak antara aparat dan kelompok teroris terjadi di sekitar Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kab Puncak, Papua. Lokasi itu sebelumnya diduga menjadi salah satu tempat persembunyian Lekagak Talenggeng dan kelompoknya.

Atas pengejaran yang dilakukan tersebut, aparat mengamankan sejumlah barang bukti yang ditemukan dalam sebuah honai diduga milik Lesmin Waker. Beberapa yang disita antara lain satu unit helm militer, dokumen, senjata tajam, panah, hingga ponsel. (foto: Instagram Papua Talk)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00