Akses Internet Papua Selatan Lancar

Anggota Komisi I DPR Yan Permenas Mandenas, Rabu (21/4/2021) saat meninjau Network Operation Center (NOC) Palapa Ring Timur Kabupaten Merauke.(Foto/rri.co.id/Charlie.Reinhard)

KBRN, Merauke: Kebutuhan akses internet bagi Masyarakat Kabupaten Merauke, Bovendigul, Asmat, Agats, dan Mapi kini telah 100 persen terpenuhi. Jaringan palapa ring timur maupun jaringan milik PT Telkom telah mampu memenuhi kebutuhan Masyarakat Kabupaten Merauke maupun Kabupaten lainnya yang berada di wilayah Papua selatan.

Anggota Komisi I DPR Yan Permenas Mandenas saat meninjau Network Operation Center (NOC) Palapa Ring Timur di Kabupaten Merauke memastikan tidak ada kendala maupun ganguan bagi masyarakat dalam penggunaan akses internet saat ini.

"Sudah tidak ada masalah lagi dan saya harap masyarakat bisa memanfaatkannya dengan maksimal," kata Yan, Rabu (21/4/2021).

Diharapkannya dengan lancarnya jaringan telekomunikasi da internet  ini masyarakat dan pemerintah daerah bisa memanfaatkan sebaik mungkin khususnya dibidang pendidikan dan pelayanan kesehatan.

Dibidang pendidikan dicontohkanya akan sangat bermanfaat untuk aktivitas belajar secara virtual sementara di bidang kesehatan adalah penanganan pandemi covid-19 melalui informasi dan proses vaksinasi yang tengah dikebut pemerintah pusat. 

Divisi Backbone Direktorat Infrastruktur BAKTI Koinfo John Tirayoh menjamin infrastruktur yang disedikan pihaknya ini sebagai akses di hulu dengan harapan bisa dimanfaatkan oleh sejumlah provider sehingga pelaksanaannya bisa berlangsung baik bagi masyarakat. 

"Kita 24 jam selalu mengawasi infrastruktur yang ada di seluruh Papua. Jika ada kerusakan langsung kita perbaiki. Petugas kita sigap dan tanggap mengatasi masalah yang ada," jelasnya.

Sementara itu General Manejer PT Telkom Indonesia Sugeng Widodo mengaku pihaknya memanfaatkan infrastruktur Palapa Ring Timur di Tanah Merah Kabupaten Bovendigul sampai ke Wamena.

"Sebagian kebutuhan di Wamena kita ambil dari Merauke," tambahnya.

Untuk daerah lain seperti kabupaten Agats dan Mapi Telkom grup akan  manfaatkan infrastruktur NOC Palapa Ring Timur dari Timika. 

Untuk diketahui Palapa Ring adalah proyek pembangunan jaringan kabel serat optik nasional yang menghubungkan 90 kabupaten/kota di seluruh Indonesia,dengan 57 kabupaten/kota layanan dan 33 kabupaten/kota interkoneksi.

Jaringan ini berupa kabel serat optik sepanjang 12.148 kilometer yang terdiri dari kabel optik darat dan bawah laut, serta segmen jaringan radio microwave sebanyak 55 hop.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00