HUT ke-69 Kopassus, Prabowo Unggah Berseragam Kopassus

KBRN, Jakarta: Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-69 pada Jumat (16/4/2021). 

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan ucapan selamat kepada Kopassus di akun Instagramnya.

"Dirgahayu Kopassus TNI AD ke 69," tulis Prabowo di akun Instagramnya, Jumat (16/4/2021) seraya mengunggah fotonya ketika masih aktif menjadi prajurit Kopassus di akun Instagramnya. 

Dikutip dari Tirto.id, karier militer Prabowo dimulai sejak 1974. Tak tanggung-tanggung, Prabowo masuk satuan elit baret merah, Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Di tahun-tahun awal tugasnya, dia dikirimkan ke Timor Leste, dan di sana dia berkawan dengan Herkules Rosario Marshall.

Pulang dari Timor Leste, ketika masih berpangkat kapten, Prabowo dikirim ke Jerman. Maraknya terorisme membuat Prabowo dan perwira lain seperti Mayor Luhut Binsar Pandjaitan dikirim untuk belajar kontra-terorisme pada Polisi Elit Jerman Barat, Grenzschutzgrupppe 9 (GSG-9). 

Pulang dari sana, keduanya menjadi pendiri dan pemimpin unit Detasemen 81/Penanggulangan Teror yang dikenal sebagai Gultor 81. Di satuan anti-teror itu, Prabowo menjadi wakil komandan hingga tahun 1985.

Sejak 1993, dia jadi Komandan Grup 3 Kopassus di Cijantung hingga tahun 1994. Setelah melalui posisi Wakil Komandan Kopassus, dia pun jadi Komandan Kopassus antara Desember 1995 hingga Maret 1998. Aksi terkenal Prabowo di posisi itu adalah Pembebasan Tim Lorenzt yang disandera OPM pada 1996 di Mapenduma, Papua. 

Jelang kejatuhan Soeharto, di bulan Maret 1998 Prabowo memegang lagi pasukan yang jumlahnya lebih besar dari Kopassus. Dia kembali ke Kostrad sebagai panglima, jabatan yang sama dengan mertuanya dulu di tahun 1965—jelang naiknya Soeharto jadi presiden. Karena jabatan itulah bintang di pundaknya bertambah menjadi tiga: letnan jenderal. (foto: Instagram Prabowo)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00