Seluruh Jemaah Diperkirakan Tiba di Mekkah Awal Juli

Rombongan jamaah kembali setelah menunaikan ibadah di Masjidil Haram, Mekkah, Rabu (24/7/2019). ANTARA/Hanni Sofia/aa

KBRN, Jakarta: Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekah Muhammad Hanif memperkirakan, seluruh jemaah calon haji Indonesia sudah berada di Kota Mekkah pada awal Bulan Juli.

"Diperkirakan pada tanggal 4 juli 2022 seluruh jemaah tiba di Kota Mekkah," kata Hanif dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Minggu (26/6/2022).

Hanif mengatakan, saat ini sebanyak 165 kelompok terbang (kloter) jemaah calon haji Indonesia telah tiba di kota Mekkah dengan jumlah 64.926 jemaah. 

"Alhamdulillah para jemaah sudah dilayani umrah perdananya sampai tadi malam. Untuk yang kedatangan hari ini umrah perdananya akan dilayani pada malam ini mengingat cuaca panas sehingga nanti malam akan diberikan layanan umrah perdananya," ujar Hanif.

Kementerian Agama, menurutnya, sudah menyiapkan semua layanan yang akan diberikan kepada para jemaah haji Indonesia di Kota Mekkah.

"Layanan mulai dari transportasi, akomodasi, katering yang diberikan tiga kali pagi, siang dan malam dan juga pada saat puncak haji nanti di Padang Arafah juga akan diberikan layanan yang sama," jelasnya.

"Pemerintah Indonesia sebetulnya sudah memberikan layanan kesehatan mulai di tingkat kloter kemudian di tingkat sektor yang di Mekkah ini ada lima wilayah sektor kita yang diberikan layanan kepada para jemaah haji," terangnya.

Kemudian, lanjutnya, di tingkat Mekkah ada Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). 

"Apabila nanti jemaah tidak bisa ditangani Klinik Kesehatan Haji Indonesia maka akan dirujuk di rumah sakit yang ada di Kota Mekkah ini dan jemaah tidak diminta membayar satu rupiahpun," sebutnya.

Ia mengimbau kepada para jemaah haji kita untuk menghindari paparan sinar matahari dengan memakai payung. Pasalnya, cuaca di kota Mekah ini di atas 40 derajat celcius. 

"Jangan lupa menggunakan alas kaki dan membawa botol air minum, ini sangat penting untuk menghindari dehidrasi," imbaunya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar