Jemaah Belum Kenakan Ihram, Petugas Segera Ingatkan

Masih ada jemaah calon haji Indonesia yang belum mengenakan pakaian ihram saat tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Senin (20/6/2022). Foto : Media Center Haji 2022

KBRN, Jeddah : Kedatangan jemaah gelombang kedua dari Surabaya menarik perhatian di bandara Jeddah, karena sebagian besar jemaah belum memakai ihram. Petugas haji Indonesia di bandara langsung bergegas menggerakkan jemaah untuk bebersih dan berganti pakaian ihram, Senin (20/6/2022). 

Kejadian ini cukup membuat sibuk jemaah, karena waktu untuk berganti pakaian tidak lama. 

"Ketika di embarkasi, diharapkan (jemaah) sudah memakai ihram, supaya sampai sini (Bandara) pergerakan cepat. Dari kedatangan sampai di Plaza B ini pun waktu kita 15 menit masih belum berganti. Karena saya mencari ketua kloter pun belum ketemu.  Saya sosialisasi kenapa ini tidak berpakaian ihram," ujar Petugas Linjam Bandara Hanif Farizi ketika ditemui Tim Media Center Haji di Bandara King Abdul Aziz Jeddah.  

Hanif mengimbau kepada seluruh jemaah yang tergabung dalam pemberangkatan gelombang kedua untuk mengikuti aturan pakaian keberangkatan. Sehingga tidak menghambat alur kedatangan jemaah di bandara. 

Ketua PPIH Arab Saudi Arsad Hidayat menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengirim surat kepada Kanwil untuk menyiapkan jemaah sesuai aturan. 

"Kita juga membuat edaran kepada seluruh Kanwil di setiap provinsi. Bahwa untuk jemaah yang berangkat di gelombang II agar pergunakan kain ihram sejak dari embarkasi. Untuk niat bisa dilakukan oleh masing-masing jemaah baik di atas udara di Yalamlam atau di bus. Intinya kita compliance (menyesuaikan) terhadap aturan Saudi yang tidak memberi kesempatan kita berlama-lama di bandara," ucap Arsad. 

Aturan pemakaian ihram pada jemaah yang tergabung dalam pemberangkatan gelombang kedua menjadi sangat penting. Hal itu dikarenakan, jemaah akan langsung melaksanakan umroh wajib di Mekkah Al Mukarromah. Pemerintah Arab Saudi pun sudah menyebutkan bahwa jemaah tidak boleh menunggu terlalu lama di dalam bandara. Karena inilah dikeluarkan imbauan untuk mengenakan pakaian ihram sejak dari embarkasi.   

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar