Seorang Jemaah dari Banjarmasin Meninggal di Madinah

Ilustrasi: Jemaah calon haji dan pengunjung sedang berziarah ke kompleks pemakaman Baqi, di Madinah Al Munawarroh. Foto : Media Center Haji 2022

KBRN, Madinah : Kabar duka kembali datang dari Tanah Suci, seorang jemaah calon haji Indonesia meninggal dunia di Madinah. Almarhum bernama Sugiansyah Basuki M Yamin usia 50 tahun adalah jemaah dari embarkasi Banjarmasin atau BDJ 3. 

Dokter Spesialis Jantung Klinik Kesehatan Haji Indonesia, dr. Muhaimin Munizu menyampaikan almarhum meninggal dunia dikarenakan terkena serangan jantung. Surat kematian atau Certificate of Death (CoD) jemaah tersebut sudah diterbitkan.

"Iya serangan jantung," ucap dr Muhaimin saat dikonfirmasi Media Center Haji (MCH) di Madinah, Senin (20/6/2022).

Sebelum meninggal dunia, almarhum sempat melakukan ziarah dan lanjut melaksanakan sholat Dzuhur di Masjid Nabawi. Setelah selesai, ia langsung menuju ke hotel untuk beristirahat.

Jelang waktu sholat Ashar, almarhum Sugiansyah kembali ke Masjid Nabawi untuk sholat Ashar dan kembali ke hotel. Almarhum juga sempat bersantai dengan jemaah yang berada satu kamarnya dan tidak mengeluhkan apapun.

"Pukul 17.45 WAS (waktu Arab Saudi), pasien tiba-tiba jatuh saat keluar dari kamar mandi," ujar dr Muhaimin.

Jatuhnya almarhum di depan kamar mandi terlihat pegawai hotel. Pegawai tersebut mengaku sempat melihat Sugiansyah memegang dada kiri saat jatuh. Pegawai hotel langsung menghubungi petugas kesehatan kloter yang kamarnya berdekatan dengan kamar pasien. 

Petugas kesehatan langsung memberikan pertolongan pertama. Termasuk melakukan resusitasi (pertolongan pertama) jantung paru sembari menghubungi Emergency Medical Team (EMT). Tapi pasien tidak tertolong.

"Pukul 18.00 resusitasi dihentikan, pasien dinyatakan meninggal oleh tenaga kesehatan," kata dr. Muhaimin.

EMT yang akhirnya tiba di lokasi pukul 18.05  dan langsung melakukan pemeriksaan untuk memastikan kematian jemaah.

Berdasarkan data per 20 Juni 2022, total jemaah yang meninggal dunia di Tanah Suci menjadi tujuh orang, yaitu : Suhati Rahmat Ali, Bawuk Karso Samirun, Muslim Abdul Wahab Salam, Bangun Lubis Wahid, Hasbullah Burlian, Purnomo Sukariyo Sastro dan terakhir Sugiansyah Basuki.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar