Warga Aceh Barat Gagal Haji, Bupati Menghadap Menag  

Bupati Aceh Barat, H Ramli MS. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

KBRN, Jakarta: Pemerintah Kabupaten Aceh Barat akan ke Kementerian Agama (Kemenag) untuk membicarakan warganya atas nama Cut Endek T Budiman asal Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan yang gagal berangkat haji akibat tidak terbitnya visa dari Pemerintah Arab Saudi. 

"Ya benar saya akan menghadap Menteri Agama di Jakarta," kata Bupati Aceh Barat Ramli MS dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Senin (20/6/2022).

Ia akan berupaya agar Cut Endek dapat pergi haji ke tanah suci. Hal itu lantaran, usia Cut Endek belum berusia 65 tahun. 

"Bukan 65 tahun, tetapi memasuki 65 tahun dan belum tanggalnya masuk 65 tahun dan masih bisa berangkat haji," tegasnya.

"Karena undang-undang Arab Saudi batasan umur 65 tahun bukan memasuki 65 tahun jadi kenapa dipenggal (tidak diperbolehkan-red) ini dan tidak bisa berangkat. Seharusnya pemerintah Arab Saudi mempertanggungjawabkan aturan-aturan di sana. Kalau memasuki 65 tahun, berarti bukan 65 tahun," tambahnya. 

Ramli menyebut, kecewa dengan kebijakan Arab Saudi tersebut. Padahal, Cut Endek sudah melakukan manasik haji dan tes kesehatan. Seharusnya, jauh-jauh hari persoalan ini dapat diselesaikan. 

"Kita harapkan yang enggak bisa berangkat ini bisa berangkat," ujarnya.

Jika nanti Cut Endek tidak dapat berangkat haji, Ramli berjanji akan memberangkatkan warganya itu untuk beribadah umrah.

"Saya bertanggung jawab sebagai pemerintah walaupun bertanggung jawab sepenuhnya di sana, saya tidak akan mengecewakan warga saya walaupun dia tidak bisa naik haji nanti saya umrahkan," janjinya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar