Kemenag: 32 Kloter Masih Proses Entry Visa

 Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Ditjen PHU Kementerian Agama (Kemenag) Subhan Cholid memberikan keterangan di daerah kerja (daker) Madinah. Foto: Media Center Haji 2022

KBRN, Madinah: Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Ditjen PHU Kementerian Agama (Kemenag) Subhan Cholid mengatakan, saat ini ada 32 kelompok terbang (kloter) masih dalam proses entry visa.

Subhan menargetkan proses entry hingga keluarnya visa akan selesai dalam waktu empat hari ke depan. 

"Kita masih punya waktu. Kloter terakhir tanggal empat Dzulhijjah dan kita sekarang ada di tanggal 19 Dzulqa'dah. Artinya, kita punya target waktu terakhir tanggal 24 Dulqa'dah. Masih ada empat hari ke depan kita selesaikan. Insya Allah kita selesaikan," kata ketika ditemui Media Center Haji di Madinah, Minggu (19/6/2022). 

Jemaah calon haji Indonesia saat datang di tempat pemondokan di Madinah. Foto: Media Center Haji 2022

"Kita sedang melakukan penyelesaian proses visa. Kita targetkan H-10 sebelum keberangkatan via seluruh jemaah semua selesai," ungkap Subhan.

Subhan menambahkan, rentang waktu 10 hari bertujuan mengatasi hal yang keliru seperti tidak sesuainya penulisan nama dan foto.

"Kita nggak mau juga jemaah yang harusnya besok pagi harus terbang tapi visa belum keluar, sementara jemaah yang akhir terbang sudah keluar. Makanya kita ambil space 10 hari sebelum berangkat jemaah sudah punya visa," jelas Subhan.

"Jadi tidak perlu khawatir (soal visa) karena itu sudah kita jadwalkan," tegas Subhan.

Dalam kesempatan yang sama, Subhan menjelaskan proses pemvisaan dengan sistem digital sangat memudahkan penerbitan visa. Sebab, bisa diproses 24 jam tanpa terganggu hari libur kerja.

"Kapan saja bisa upload selama konfigurasi kloter sudah oke, diupload datanya, di submit dokumen bisa entry proses visa ke e-hajj," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar