FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Vaksinasi Tahanan KPK Memutus Rantai Penularan Covid-19?

Vaksinasi Tahanan KPK

KBRN, Jakarta: Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri menyatakan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan terhadap para tahanan bertujuan untuk memutus rantai penularan virus Covid-19 di lingkungan KPK.

Ia menjelaskan, KPK sebagai suatu entitas organisasi terdiri dari pegawai dan pihak lain yang saling berinteraksi satu sama lain, termasuk dengan para tahanan.

"Dalam kaitan pencegahan penyebaran Covid-19 secara berkelanjutan, diperlukan upaya utk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan KPK," kata Ali ketika dikonfirmasi, Jumat (26/2/2021).

Maka dari itu, kata Ali, guna memutus rantai penularan Covid-19 maka diputuskan untuk dilakukan vaksinasi terhadap seluruh pegawai KPK.

Lebih lanjut, menurutnya, vaksinasi juga ditujukan kepada pihak-pihak terkait yang berada di lingkungan KPK, termasuk para tahanan dan jurnalis yang bertugas di lembaga antirasuah.

Diketahui, sebanyak 39 orang tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah dilakukan vaksinasi COVID-19. Dari ke-39 tahanan itu, termasuk mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara yang telah disuntik vaksin COVID-19.

"Dari total 61 orang tahanan KPK, yang telah di vaksinasi berjumlah 39 orang tahanan," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (24/2/2021).

Ali tak menjelaskan siapa-siapa saja tahanan KPK yang telah disuntik vaksin tersebut. Namun, kata Ali masih ada 22 tahanan KPK  yang pelaksanaan suntik vaksinnya ditunda karena alasan kesehatan.

Berdasarkan foto yang dibagikan oleh KPK, selain Juliari ada juga penyuap mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo, Suharjito, hingga mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Pelaksanaan vaksinasi kepada para tahanan itu dilakukan pada Senin, 22 Februari 2021.

Seperti diketahui, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di lingkungan KPK dilakukan sejak 18 Februari lalu. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di KPK berlangsung lima hari dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Pemberian vaksin COVID-19 di KPK dilakukan terhadap semua insan KPK, tahanan, para jurnalis, dan pihak eksternal lain yang berada di lingkungan KPK.

"Pemberian vaksin dilakukan terhadap seluruh insan KPK, tahanan, para jurnalis, dan pihak eksternal lain yang berada di lingkungan KPK," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (18/2/2021). (MDS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00