Besok, Jokowi Lantik Listyo Sebagai Kapolri

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo akan melantik Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) di Istana Negara pada Rabu (27/01/2021) untuk menggantikan Jenderal Pol. Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

"Pelantikan Kapolri juga rencananya akan dilakukan besok, setelah Bapak Presiden menerima vaksinasi," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono di Jakarta, Selasa (26/01/2021).

Seperti diketahui, pada Jumat (22/01/2021), pihak Istana Kepresidenan menerima surat persetujuan DPR RI terkait pemberhentian dan pengangkatan Kapolri.

Dalam surat tersebut, Ketua DPR Puan Maharani menyebutkan bahwa rapat paripurna DPR tanggal 21 Januari 2021 telah menyetujui laporan Komisi III DPR untuk mengangkat Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri.

Pelantikan Listyo Sigit sebagai Kapolri bakal diselenggarakan di Istana Negara. Nantinya, usai acara pelantikan di istana, Listyo Sigit akan kembali ke Mabes Polri untuk melaksanakan upacara serah terima jabatan dengan Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis. Upacara dijadwalkan pada pukul 11.00 WIB. 

Komjen Listyo Sigit akan menggantikan Jenderal Idham Azis. Kapolri Idham Azis akan memasuki masa purna tugas pada 1 Februari 2021.

Seperti diketahui, Komisi III DPR RI telah secara bulat menyetujui pengangkatan Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri. Sebelum mendapat persetujuan, Listyo Sigit terlebih dulu menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR RI.

Semua fraksi di DPR sepakat Listyo Sigit adalah sosok yang tepat sebagai pengganti Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00