Kemenham Mulai Buka Pendaftaran Komcad Akhir Januari

Foto: Ilustrasi Prajurit TNI

KBRN, Jakarta: Presiden Jokowi telah meneken PP Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara. PP tersebut berisi implementasi bela negara bagi masyarakat umum. 

Jubir Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Kemhan akan segera membuka pendaftaran hingga sosialisasi pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) pada akhir Januari 2021. 

"Kemhan dan TNI sudah mempersiapkan matang proses pembentukan Komcad. Insyaallah di akhir Januari ini sudah mulai sosialisasi untuk proses pendaftaran, pelatihan dan penetapan di bulan berikutnya," ujar Dahnil kepada wartawan, Kamis (21/1/2021). 

Setelah pendaftaran dibuka, kata ia, TNI akan membantu Kemhan berkaitan dengan proses rekrutmen anggota hingga nantinya menyiapkan pelatihan bagi para Komcad. 

"Persiapan Komcad sudah matang sejak awal tinggal menunggu PP. Nah bila PP sudah turun maka akan segera dimulai proses rekrutmen dan pelatihan nanti oleh TNI," ucap Dahnil. 

Untuk tahap awal, Dahnil menyebut akan ada sebanyak 25 ribu Komcad yang akan diterima untuk dilatih sejumlah hal, termasuk pelatihan dasar militer. 

Meski demikian, Dahnil belum dapat menjawab kapan pendaftaran dibuka. Namun Dahnil memastikan pendaftaran akan dimulai setelah semua persiapan rampung. 

Komponen Cadangan (Komcad) diatur dalam Pasal 48. Pasal tersebut menjelaskan soal Komcad yang terdiri dari warga negara, sumber daya alam, sumber daya buatan dan sarana dan prasarana nasional. 

Sementara Pasal 49 menjelaskan Komcad bisa terdiri dari beberapa matra seperti layaknya personel TNI. 

Sebagaimana diketahui, PP ini ditetapkan Presiden Jokowi pada 12 Januari 2021 dan telah diundangkan Menkumham Yasonna Laoly pada waktu yang sama.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00