Sekjen Kemensos Dipanggil KPK, Pernah Curhat 9-Bulan

Foto: (Dok. Ist)

KBRN, Jakarta: Mengetahui terkait tahapan pengadaan Bansos untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020 di Kemensos RI, Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos), Hartono Laras.

"Hartono Laras didalami pengetahuannya mengenai tahapan dan proses pengadaan Bansos untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020 di Kemensos RI," kata Plt. Juri Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (15/1/2021).

Sebelumnya, Hartono dalam keterangannya mengatakan, Kemensos memastikan akan bekerja sama penuh serta membuka akses informasi diperlukan KPK.

"Hal ini sebagai bentuk keseriusan dan dukungan kami dalam upaya pemberantasan korupsi," kata Sekjen Kemensos Hartono, Minggu (06/12/2020) lalu.

Hartono mengaku, kecewa, prihatin, dan sangat terpukul di tengah upaya Kemensos untuk terus bekerja keras melaksanakan tugas dan amanah khususnya dalam menyalurkan bansos di tengah pandemi Covid-19, ada oknum melakukan tindakan dugaan korupsi.   

"Hampir 9 bulan terakhir ini, kami beserta seluruh jajaran tanpa mengenal lelah untuk memastikan bansos disalurkan secara cepat, tepat sasaran serta mematuhi prinsip akuntabilitas," tambah Hartono dengan nada mencurahkan hati atau curhat. 

"Sejak awal kami telah meminta APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) baik Inspektorat Jenderal Kemensos maupun BPKP, dan aparat penegak hukum untuk melakukan pendampingan dan pengawalan serta pendampingan dalam pengelolaan anggaran bantuan sosial ini yaitu dengan Polri, Kejaksaan Agung, termasuk dengan KPK. Hal ini karena kami mengelola anggaran yang  besar," imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00