Listyo Sigit Ditunjuk Kapolri, Ini Kata KPK

KBRN, Jakarta: Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nawawi Pomolango, memberikan tanggapan pribadi terkait sosok Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang ditunjuk Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Idham Azis.

Menurut Nawawi, Listyo cukup baik dalam hubungan koordinasi antar penegak hukum

"Sejauh ini profil Komjen Listyo Sigit cukup, bahkan sangat baik dalam hubungan koordinasi sesama lembaga Aparat Pwnegak Hukum. Beliau sangat terbuka, dan responsif terhadap upaya-upaya koordinasi dan supervis," kata Nawawi saat dimintai konfirmasi, Rabu (13/1/2021).

Nawawi menyebut, Listyo begitu peduli dan dinilai sosok yang sangat tenang. Ia berharap, koordinasi antar KPK dan Polri semakin bersinergi guna meningkatkan pemberantasan korupsi jika Listyo resmi dilantik.

Baca Juga: Kabareskrim Listyo Sigit Memenuhi Syarat Sebagai Kapolri

Baca Juga: Listyo, Jenderal Non Muslim Kedua Ditunjuk Kapolri

"Secara pribadi saya suka dengan profil komjen Listyo, begitu care dan luar biasa tenang. Kedepan tentu kita brharap, kerja koordinasi antar lembaga  Polri dan KPK, semakin nampak brsinergi dan memberi hasil guna pada kedua lembaga dan tentu saja untuk upaya pemberantasan korupsi itu sendiri," kata Nawawi.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengajukan Kabareskrim Listyo Sigit  sebagai calon tunggal Kapolri, untuk menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang akan pensiun pada 1 Februari 2021.

DPR pun telah menerima surat presiden terkait nama calon Kapolri pada Rabu (13/1/2021).

Selanjutnya, Listyo akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR sebelum DPR memberikan persetujuan atas nama calon yang diajukan Presiden.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00