Firli Bahuri: Pemeriksaan Edhy Prabowo Tidak Berlebihan

Ketua KPK Firli Bahuri (tengah) saat konferensi pers di Gedung KPK Jakarta (Eko Sulestyono)

KBRN, Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri memastikan bahwa pemeriksaan terhadap mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo tidak dilakukan secara berlebihan.

Hal itu dia tegaskan saat menjawab pertanyaan wartawan terkait pernyataan Menteri KKP ad interim, Luhut Binsar Pandjaitan yang sempat meminta agar meminta agar pemeriksaan terhadap Edhy tidak dilakukan secara berlebihan.

“Saya (Firli Bahuri) tidak ingin merespons pendapat orang,  tapi pemeriksaan (Edhy Prabowo/mantan Menteri KKP) itu tidak ada istilah berlebihan," tegas Firli saat konferensi pers di Gedung KPK Merah Putih, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (28/11/2020).

Firli mengatakan, pemeriksaan terhadap Edhy dilakukan dalam rangka mengungkap fakta yang sebenar-benarnya dalam kasus itu. Menurutnya, untuk mengungkap fakta-fakta yang sebenarnya, pemeriksaan tidak bisa hanya dilakukan dalam waku yang singkat.

“Kita (KPK) nggak bisa apakah pemeriksaan cukup hanya satu jam, apa cukup dua jam, apa cukup tiga jam bukan itu. Tapi yang paling esensial sejauh mana keterangan yang disampaikan ada keseuain dengan keterangan saksi yang lain," jelasnya. 

“Keterangan saksi adalah keterangan yang disampaikan seseorang yang berkaitan dan bersesuaian dengan keterangan lainnya," terangnya. 

Lebih lanjut Firli menegaskan, bahwa KPK tidak melakukan pemeriksaan berlebihan terhadap Edhy Prabowo. Menurutnya, pemeriksaan penyidik terhadap Edhy Prabowo telah dilakukan dengan sangat transparan, profesionel dan akuntabel.

"Sesungguhnya apa yang dikerjakan penyidik nanti diuji oleh JPU, apakah berkas perkara lengkap atau tidak lengkap selanjutnya diuji kembali dalam peradilan,” tambahnya .

“Kalau ibarat obat pas ukurannya, pas takaranya, pas cara mengadonya, pas cara menggunakannya. Jadi nggak ada yang berlebihan," pungkas Firli.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00