Rokok Ilegal Dimusnahkan Bea Cukai Madura

KBRN, Pamekasan : Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Madura melaksanakan pemusnahan terhadap rokok ilegal hasil penindakan periode 29 November 2019 sampai dengan 13 Agustus 2020.

Pelaksanaan pemusnahan di TPA Angsanah Pamekasan dengan cara ditimbun, Kamis (26/11/2020),

Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Madura, Yanuar Calliandra menjelaskan, Barang Milik Negara (BMN) yang dimusnahkan berupa 3 juta lebih batang rokok ilegal senilai Rp 2  miliar lebih, dengan potensi kerugian negara sebesar Rp. 1 miliar lebih.

Yanuar menerangkan, pemusnahan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Persetujuan Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi nomor S-240/MK.6/KN.5/2020 tanggal 9 November 2020 hal Persetujuan Pemusnahan Barang yang Menjadi Milik Negara pada KPPBC TMP C Madura. 

Ia menyebutkan, pada tahun ini pihaknya dibantu Kejaksaan Negeri setempat sudah menetapkan tiga tersangka dari kasus peredaran rokok ilegal.

“Alhamdulillah 2 tersangka sudah P21, dan yang satunya Insya Allah menyusul ke P21 juga, sehingga tiga orang ini sudah selesai penyidikannya,” ucapnya.

Yanuar menambahkan, kegiatan pemusnahan BMN ini merupakan komitmen nyata dari KPPBC TMP C Madura dalam rangka mengemban 4 pilar tugas pokok dan fungsi institusi Bea dan Cukai, yaitu Revenue Collector, Trade Facilitator, Industrial Assistance, dan Community Protector.

Dari pantauan RRI, dalam pelaksanannya tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Tamu undangan terbatas dan diawajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00