Istri dan Teman Perempuan Hiendra Soenjoto Ditangkap

Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri (Antara)

KBRN, Jakarta: Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelumnya diberitakan telah menangkap Hiendra Soenjoto, sang buronan terkait kasus perkara dugaan suap dan gratifikasi di Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia. 

Hiendra yang sebelumnya telah dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) itu akhirnya berhasil ditemukan dan ditangkap di kawasan Bumi Serpong Damai, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. 

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri menyatakan, KPK dalam kesempatan ini juga berhasil mengamankan istri bersama seorang teman wanita Hiendra.

“Selain menangkap tersangka HS (Hiendra Soenjoto/DPO KPK, penyidik juga menangkap dan mengamankan dua orang lainnya. Masing masing teman tersangka bernama HS bernama VC dan LI (istri tersangka HS),” kata Ali Fikri kepada wartawan di Jakarta, Jumat (30/10/2020). 

“Kedua orang tersebut diamankan dan sempat diperiksa, namun mereka tidak ditahan. Mereka  telah selesai menjalani pemeriksaan penyidik KPK dan telah kembali ke tempat masing-masing (tidak ditahan bersama tersangka HS),” jelasnya. 

Ali menjelaskan, istri dan teman Hiendra sempat diperiksa dan ditanya penyidik KPK mengenai kedekatannya dengan Hiendra.

Menurut Ali, KPK mendalami keterkaitan tentang biaya hidup Hiendra selama menjadi buronan (DPO KPK). 

"Yang bersangkutan (VC dan LI, red), sempat ditanya KPK mengenai sumber biaya hidup dan fasilitas lain selama tersangka HS menjalani pelarian sebagai DPO KPK,” terangnya. 

Ali juga mengimbau agar semua pihak berkaitan dengan kasus perkara suap dan gratifikasi Hiendra, supaya bersikap taat pada aturan hukum yang berlaku. 

“KPK mengingatkan kepada pihak-pihak yang mengetahui dugaan kesengajaan merintangi dan menghalangi penyidikan dalam perkara tersangka HS (Hiendra Soenjoto) ini untuk bersikap kooperatif," pungkas Ali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00