Firli Bahuri Menegaskan, Terutama Adalah Mencegah Korupsi

Ketua KPK Firli Bahuri saat acara pelantikan 12 pejabat baru KPK (Eko Sulestyono)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melantik 12 pejabat struktural yang baru. Mereka dilantik secara bersamaan di Gedung Penunjang (belakang Gedung KPK Merah Putih), Jalan Kuningan Persada, Kuningan,Jakarta Selatan.

Pelantikan tersebut dilakukan secara langsung oleh Ketua KPK Firli Bahuri yang dihadiri sejumlah pejabat KPK dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam pidato sambutannya, Firli mengatakan bahwa dirinya akan melakukan pertemuan dengan pejabat baru tersebut untuk membahas tugas-tugas mereka khususnya dalam pemberantasan tindak pidana korupsi ke depan.

“Nanti kami akan lakukan pertemuan khusus dengan pejabat yang baru dilantik. Jadi, setelah ini kami akan melakukan pertemuan antara pejabat eselon I, eselon II, dan pimpinan terkait dengan tugas baru rekan-rekan," kata Firli Bahuri  di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Firli dalam kesempatan ini mengingatkan kepada pejabat baru terkait dengan tugas pokok KPK sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2019.

Menurut Firli, pertama melakukan pencegahan agar tidak terjadi korupsi. Kedua, berkoordinasi dengan instansi terkait yang berwenang melaksanakan pemberantasan korupsi dan pelayanan publik.

Ketiga, melakukan monitoring atas penyelenggaraan pemerintahan negara. Keempat, melakukan supervisi terhadap instansi yang berwenang melaksanakan pemberantasan korupsi.

Kelima, melakukan penyelidikan, penyidikan dan penuntutan tindak pidana korupsi. Keenam, adalah melaksanakan putusan pengadilan dan hakim yang telah berkekuatan hukum tetap.

Selain tugas pokok, Firli juga mengingatkan kepada 12 pejabat struktural itu terkait dengan visi dan misi KPK, yang pertama melakukan pencegahan dengan perbaikan sistem, kedua melakukan pencegahan dengan pendekatan pendidikan masyarakat.

“Saya garis bawahi pendidikan masyarakat jadi penting karena sesungguhnya kita mampu mengubah dunia dengan pendidikan," jelas Firli.

Menurut Firli, KPK juga melakukan penindakan dengan menitikberatkan dalam hal pengembalian kerugian negara, penyelamatan kerugian negara, dan pengembalian uang hasil korupsi (asset recovery). KPK membangun komitmen untuk transparan, profesional, dan akuntabel sehingga tetap dipercaya oleh rakyat.

“Kami bersyukur telah mendapatkan para pegawai yang akan mengisi jabatan eselon II di KPK dan ini atas kehendak dan ridha Allah SWT. Jalankan amanah dan terus sabar, ikhlas, dan bersyukur dengan apa yang akan diberikan pada masa yang akan datang," pungkas Firli Bahuri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00