Tim Investigasi Pengejaran Napi Asal Cina Dibentuk

Kamar Lapas Kelas I Tangerang.(Dok.Ist)

KBRN, Tangerang: Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Dirjen Pas Kemekumham) langsung bersikap menangani kaburnya Cai Changpan, narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Kota Tangerang. Dia diduga kabur dengan cara membuat jalur tikus di gorong-gorong.

Kabag Humas dan Protokol Dirjen Pas Rika Apriyanti mengatakan, telah membentuk tim investigasi untuk menelusuri pelarian narapidana tersebut. Tim investigasi itu terdiri dari Dirjen Pas, Tim Inspektorat Dirjen Kemenkumham dan Kantor Kementerian Hukum dan HAM Banten.

“Saat ini kita sedang bekerja sebentar, nanti akan segera kami update.Tapi itu yang baru dapat kita informasikan,” kata Rika kepada RRI.co.id saat dikonfirmasi, Jumat (18/9/2020).

Selain itu, Dirjen Pas juga menyelidiki apakah kaburnya tahanan itu melibatkan orang dalam atau tidak.

“Yang pastinya kami berharap tidak ada keterlibatan orang dalam apapun,” kata Rika.

Hasil dari investigasi tersebut akan dilaporkan sesegera mungkin. Setelah kejadian itu, Rika menegaskan, pihaknya selalu melakukan pengawasan yang ketat. 

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah merespons kasus ini.

Itu demi menangani pengejaran Cai Changpan narapidana kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Kota Tangerang, dengan cara membuat jalur tikus di gorong gorong lapas.

Kepala Lapas Kelas I Tangerang, Jumadi mengatakan, masalah tahanan kabur ini, telah ditangani oleh Dirjen Pas. “Sudah ditangani sama Dirjen Pas, mereka sudah turun, mengenai ini di handle sama Dirjen Pas,” ujar Jumadi kepada rri.co.id saat dikonfirmasi, Jumat (18/9/2020).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00