Saksi Minta Jaksa Kembalikan Uang Rp20 Miliar

Istimewa

KBRN, Jakarta: Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) diminta mengembalikan uang dalam rekening saham yang telah disita Kejaksaan Agung (Kejagung).

Permohonan itu diajukan oleh salah satu saksi yang juga merupakan mantan direktur di suatu perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan, Nie Swe Hoa. Pasalnya menurut dia, rekening senilai Rp20 miliar yang disita Jaksa, tidak ada hubungannya dengan perkara dugaan korupsi di tubuh PT Asuransi Jiwasraya.

"Yang mulia, boleh saya mengajukan permohonan?Rekening saham yang saya miliki, hasil keringat saya sendiri, hasil kerja saya selama 30 tahun disita negara. Tega sekali negara merampas harta dari warganya," ujar Nie Swe Hoa sembari terisak saat memberikan kesaksian dalam sidang lanjutan perkara Asuransi Jiwasraya yang bertempat di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Jakara, beberapa waktu lalu.

Kepada Majelis Hakim, Nie Swe Hoa mengaku telah meminta kepada penyidik agar tidak menyita rekening saham miliknya. Namun permintaannya seolah-olah diabaikan Jaksa.

"Waktu mau disita, saya ajukan keberataan kepada Jaksa. Namun Jaksa tetap menyita," ungkapnya.

Masih sembari terisak, Nie Swe Hoa mengaku tidak habis pikir jika dia harus menanggung kerugian yang sesungguhnya merupakan buah dari ulah orang lain.

"Ini tidak adil. Kejahatan yang dibuat orang lain yang saya tidak menerima manfaat sedikit pun," tegasnya.

Permohonan yang disampaikan Nie Swe Hoa direspon Ketua Majelis Hakim, Saefuddin Zuhri.

"Ini masih dalam proses. Kita lihat pemeriksaannya," tekan Zuhri.

Di satu sisi, Tim Kuasa Hukum Direksi PT Jiwasraya Tbk periode 2008-2018, Dion Pongkor mempertanyakan hubungan antara rekening Nie Swe Hoa yang disita Jaksa ini dengan terdakwa Heru Hidayat.

Menjawab itu, Nie Swe Hoa  menegaskan bahwa rekening miliknya yang disita itu tidak ada hubungan dengan Heru Hidayat. Bahkan, Nie Swe Hoa mengaku siap diperiksa Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menelusuri aliran dana direkening mililknya itu.

"Saya siap diperiksa PPATK. Karena memang tidak ada aliran dana dari saya ke pak Heru, demikian juga dari pak Heru ke saya," tekan Nie Swe Hoa.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) sempat menyampaikan keberataan. Namun Dion Pongkor menegaskan bahwa Nie Swe Hoa diperiksa Jaksa karena ada hubungan dengan Heru Hidayat.

"Intinya, rekening yang disita itu tidak ada hubungannya dengan Heru Hidayat. Demikian juga dengan Asuransi Jiwasraya," demikian Dion.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00