Ribuan Warga Binaan Tangerang Peroleh Remisi, 26 Bebas Langsung

Salah satu perwakilan WBP Lapas Tangerang mendapatkan remisi pada HUT Ke-77. (Foto: RRI/Saadatuddaraen)

KBRN, Tangerang: Sebanyak 2.737 warga binaan pemasyarakatan (WBP) alias narapidana yang ada di Tangerang memperoleh remisi di hari kemerdekaan Ke-77 RI.

Mereka berasal dari tiga lokasi berbeda, yakni Rumah Tahanan Kelas I Tangerang dan Lembaga Pemasyarakatan Ciangir, Kabupaten Tangerang serta Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang.

Kepala Rutan Kelas I Tangerang, Zaenal Fikri mengatakan, untuk di Rumah Tahanan Kelas I Tangerang berjumlah 975 orang dan dan 14 orang dari Lapas Ciangir.  

"Kemudian Lapas Pemuda Kelas II Tangerang, sebanyak 1.748  orang yang besaran remisinya sendiri bervariasi mulai dari 1 bulan hingga 6 bulan," ungkapnya kepada RRI.co.id, Rabu (17/8/2022).

Dari jumlah 989 tahanan terdapat 16 yang bebas langsung. Sedangkan dari jumlah 1.748 narapidana hanya orang 10 yang bebas langsung.

"Jadi jumlah totalnya ada 26 orang yang bebas langsung," imbuhnya.

Menurut Zaenal, pemberian remisi kepada ratusan warga binaan itu, dipersyaratkan bagi warga binaan yang telah memenuhi persyaratan administrasi dan substantif. 

"Remisi diberikan pada narapidana yang memenuhi persyaratan administratif dan substantif, antara lain telah menjalani pidana minimal 6 bulan, tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana, red), serta aktif mengikuti program pembinaan di lapas," paparnya.

Remisi atau pengurangan masa pidana diberikan kepada narapidana telah diatur dalam UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, PP Nomor 99 Tahun 2012, Keputusan Presiden Nomit 174/1999, serta Peraturan Menteri Nomor 7 tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Permenkumham Nomor 3 tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar