Kasus Pembakaran Rumah Jember, Belasan Orang Diamankan

Pelaku kerusuhan di Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember akhirnya ditangkap dan dirilis di Polres Jember, Sabtu (6/8/2022) malam. (ANTARA/HO-Polres Jember)

KBRN, Jakarta: Kasus pembakaran rumah di Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur terungkap. Polisi pun telah mengamankan beberapa pelaku. 

"Dari kejadian itu Polres Jember mengamankan 15 orang, yang sembilan sudah ditetapkan tersangka. Enam orang masih dalam tahap pengembangan sebagai saksi," kata Kasi Humas Polres Jember Iptu Brisan Immanula, saat berbincang dengan Pro 3 RRI, Senin (8/8/2022). 

Immanula membeberkan motif para pelaku membakar dan menjarah sejumlah rumah di Padukuhan Patungrejo dan Dampikrejo, Dusun Baban Timur, karena sakit hati. Hal itu karena penganiayaan yang dilakukan oleh Ali terhadap Haji Suhar dan tiga temannya pada 3 Juli 2022. 

Dari penganiayaan tersebut, Haji Suhar mengalami luka bacok di kepalanya. Usai menganiaya korban, Ali langsung diamankan oleh petugas dari Kepolisian Sektor (Polsek) Sempolan Jember. 

Meski demikian, salah satu anak Haji Suhar belum menerimanya. Ia lantas menghubungi J untuk membalaskan dendam. 

"J menghubungi dan menggerakkan anggotanya untuk merusak dan membakar rumah Ali, sekaligus rumah Salam dan Yono yang merupakan tetangga Ali," katanya.

"Motif teror pembakaran itu karena konflik perbedaan batas tanah dan perkebunan kopi di sekitar Desa Mulyorejo".

Sebanyak enam rumah dan 19 kendaraan terbakar karena peristiwa itu. Menurut polisi tidak semua pelaku melakukan pembakaran. 

"Ada juga pelaku yang masuk dalam rumah, dan rumah rata-rata semi permanen. Bagian yang dibakar bukan rumah tapi semacam garasi," ujarnya. 

Menurut polisi, J warga Banyuanyar, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jatim, bertugas memprovokasi warga. Lalu, M (42), warga Desa Tobai Timur, Kecamatan Sokabanah, Sampang, Jatim, yang membakar rumah Salam. 

Kemudian S, warga Kalibaru Manis, Kalibaru, Banyuwangi, berperan membakar rumah Ali dan ikut merusak rumah lainnya. Adapun A (45), warga Banyuanyar, Kalibaru, Banyuwangi, membakar sepeda motor di rumah Ali. 

Lima tersangka lainnya, yakni MS (37) warga Kalibaru Manis, M (35) warga Desa Kebunrejo Kalibaru. W (39) warga Banyuanyar Kalibaru, G (39) warga Kalibaru Manis, dan S (51) warga Kalibaru Manis.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar