KPK Menangkap Eks Wali Kota Yogyakarta

Wakil ketua KPK Nurul Ghufron membenarkan KPK menangkap mantan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta dan Yogyakarta, Kamis (2/6/2022).   (Foto : Humas KPK)

KBRN, Jakarta : Tim satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap mantan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta dan Yogyakarta, Kamis (2/6/2022).

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan, saat ini Haryadi Suyuti dan pihak lainnya yang ditangkap sedang menjalani pemeriksaan intensif oleh tim satgas.

“Saat ini kami masih melakukan pemeriksaan,” kata Ghufron saat dikonfirmasi, Kamis (2/6/2022).

Dari hasil operasi tangkap tangan tersebut, satgas KPK juga berhasil mengamankan uang asing berupa US Dollar, namun Ghufron tidak menjelaskan jumlah uang tersebut.

"Kami mengamankansejumlah uang dokumen dan beberapa orang, sementara jumlah uang dalam bentuk US$ (US Dollar) masih kami hitung," ujar Ghufron.

Haryadi Suyuti dan sejumlah pihak lain dibekuk tim satgas KPK lantaran diduga terlibat dalam transaksi suap. Adapun untuk detail lebih lanjut soal OTT Haryadi ini, Ghufron meminta publik untuk bersabar terlebih dahulu mengingat saat ini pemeriksaan terhadap para pihak terkait masih dilakukan.

“Setelah selesai nanti akan kami jelaskan secara lebih rinci,” ujar Ghufron.

Sebelumnya, Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri membenarkan menangkap Haryadi Suyuti dan sejumlah pihak lain. Haryadi Suyuti dan sejumlah pihak tersebut ditangkap saat sedang melakukan tindak pidana suap.

“Benar, hari ini KPK telah melakukan kegiatan tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang diduga sedang melakukan tindak pidana korupsi suap di Yogyakarta. Salah satu yang diamankan adalah Wali Kota Yogyakarta 2017-2022,” katanya.

Dikatakan Ali, tim dari KPK segera melakukan permintaan keterangan terhadap para pihak yang diamankan dalam OTT kali ini.

“Segera setelahnya akan kami sampaikan perkembangannya,” tutur Ali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar