KPK Setor Miliaran Uang ke Kas Negara

Plt jubir KPK Ali Fikri saat konpers di KPK (Foto: Humas KPK)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan uang sebesar Rp5.5 miliar ke kas negara. Uang itu merupakan hasil pidana denda, pengganti dan rampasan barang dari empat terpidana kasus korupsi.

"Jaksa eksekutor Andry Prihandono melalui biro keuangan KPK, telah menyetorkan uang Rp5.5 miliar ke kas negara sebagai hasil penagihan pembayaran denda dan uang pengganti terpidana serta hasil lelang," kata Plt juru bicara KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu (25/5/2022).

Ali mengatakan sebanyak Rp2.1 miliar yang disetorkan merupakan pembayaran pidana denda dan uang pengganti dari mantan Bupati Hulu Sungai Tengah Abdul Latif. Lalu, Rp2.85 miliar lainnya berasal dari hasil lelang rampasan terpidana mantan pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Yaya Purnomo.

"Lalu perampasan uang barang bukti terpidana Ade Barkah Surahman dan Siti Aisyah Tuti Handayani sejumlah Rp592 juta," jelas Ali.

KPK akan terus menagih uang pengganti dan denda dari para terpidana kasus korupsi ke depannya. Upaya itu memaksimalkan pengembalian aset negara dari kasus korupsi.

"Dengan cara bertahap melakukan penagihan pembayaran uang denda maupun uang pengganti dan lelang barang rampasan KPK," tutur Ali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar