Penangkapan Sembilan Pengedar Narkoba Jaringan Sumatera

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Ady Wibowo (Faqih/RRI)

KBRN, Jakarta: Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat kembali berhasil mengungkap ratusan kilogram narkoba jenis ganja dari jaringan pengedar lintas Sumatera. 

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo mengatakan, sebanyak sembilan orang berhasil ditangkap.

Pengungkapan kali ini, merupakan hasil pengembangan dari penangkapan sebelumnya.

"Bahwa ini berawal dari pengungkapan sebelumnya yang kita amankan di bekasi. Dari data yang ada kita lakukan analisa dan pemetaan," kata Ady saat konferensi pers, di Polres Metro Jakarta Barat, Rabu (8/12/2021).

Dari hasil pemetaan tersebut, lanjut Ady, pihaknya kemudian berhasil mengungkap peredaran narkotika pada 17 November 2021 di Jalan Raya Trans Sumatera, Mandailing Natal, Sumatera Utara. 

"Dapet 20 karung. Ada 534 kilogram atau setebgah ton lebih (ganja)," tuturnya.

Selanjutnya, sebanyak sembilan orang tersangka berhasil diamankan. Kesembilan tersangka yakni S (45), N (31), SP (56), M (56 ), dan K (51), AA (26), SD (45), FRN (37) dan DM (40). Ady mengatakan, mereka memiliki peran berbeda-beda.

"Empat kurir, dua pengendali di Mandailing natal, 3 tukang pikul atau petani yang mana membawa hasil panen ke jalan," tuturnya.

Menurut Ady, ratusan kilogram ganja itu akan dikirim ke wilayah Sumatera dan Jawa khususnya Jabodetabek untuk pasokan pesta tahun baru.

"Buat pasokan tahun baru, mungkin ada permintaan-permintaan untuk tahun baru. Kita berhasil menggagalkan di lokasi hulu," ungkapnya.

Atas perbuatannya, para tersangka terancam dijerat Pasal 114 ayat 2, Pasal 111 ayat 2 junto Pasal 132 ayat 1, Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan hukuman pidana penjara paling singkat 6 tahun serta paling lama 20 tahun.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar