Datangi KPK, Ketua KPU Tak Ingin Kasus Baru

Ketua KPU Ilham Saputera digedung KPK

KBRN, Jakarta: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputera menyatakan, kasus tindak pidana korupsi tidak akan terulang lagi menuju Pemilihan Legislatifnya (Pileg) dan Pemilihan Presiden tahun 2024.

Ilham bahkan berani menjamin kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) yang menyeret mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan sebagai kasus terakhir terjadi menimpa KPU RI.

"Kami tidak ingin ada kejadian kejadian seperti itu terulang kembali di KPU," kata Ilham Saputra di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Kamis (14/10/2021).

Ilham mengatakan, untuk menutup celah korupsi, KPU mendatangi KPK untuk mengikuti program penguatan antikorupsi untuk penyelenggara negara berintegritas yang diberi nama Paku Integritas.

Program itu, kata dia, agar dapat menguatkan integritas jajarannya dari sikap koruptif saat bekerja, pada Pemilu 2024.

Tindakan korupsi juga dijamin tidak akan ada di KPU pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ilham berharap program penguatan integritas dari KPK itu betguna untuk jajaran KPU. Jajaran KPU juga sudah mengetahui rambu-rambu korupsi usai menyambangi KPK.

"Jadi, dijelaskan apa yang kemudian menjadi gratifikasi itu apa kemudian kita kaitkan dengan pengalaman kita di KPU terkait dengan potensi-potensi terjadinya korupsi," jelas Ilham.

Ilham juga menyebut KPK mengajak pasangan tiap pejabat di KPU dalam program penguatan integritas itu. Ajakan pasangan itu dilakukan untuk menguatkan sikap antikorupsi dari keluarga.

"Masing-masing juga membawa pasangan agar dipahami masing-masing agar tidak ada upaya-upaya atau keinginan untuk melakukan tindak pidana korupsi," tegas Ilham. (DNS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00