Dugaan Penganiayaan Napi Lapas Tanjung Gusta Diinvestigasi

KBRN, Medan : Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara akan melakukan investigasi terkait video dugaan penganiayaan warga binaan di Lapas Kelas IA Tanjung Gusta Medan, yang viral di media sosial.  

Kepala Keasistenan Penerimaan Laporan Ombudsman Sumut, James Panggabean mengatakan, Ombudsman telah melakukan gelar laporan sementara begitu melihat video tersebut. Ada dua langkah yang akan dilakukan Ombudsman menindaklanjuti kasus tersebut. Salah satunya melakukan investigasi ke Lapas Tanjung Gusta Medan.

“Pertama kami menunggu proses penegakan disiplin di Kanwil Kemenkumham, dan kedua melakukan investigasi inisiatif untuk melihat apa peyebab terjadinya pemukulan terhadap warga binaan itu,” ujarnya kepada wartawan di Medan, Senin (20/9/2021).

James menuturkan, Ombudsman menyoroti beberapa hal atas video yang beredar itu. Antara lain terkait adanya perekaman di dalam sel, dan bagaimana proses pengamanan dan hak-hak warga binaan di dalam Lapas.  

“Jadi persoalannya di sel kok bisa terjadi perekaman, dan bagaimana proses pengamanan dan pemenuhan terhadap hak-hak para tahanan. Karena tidak mungkin ada pemukulan tanpa ada sebab akibat. Jangan-jangan ada persoalan hak-hak yang tidak terpenuhi, sehingga itu terjadi,” bebernya. 

Dikatakan James, dalam waktu dekat Ombudsman akan mengundang Kepala Lapas termasuk kepala satuan pengamanan di Lapas tersebut untuk mengetahui kebenaranya.

“Rencananya dalam minggu ini akan kita undnag dulu kepala satuan pengamanan untuk meminta keterangan terkait kejadian tersebut,” pungkasya. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00