FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Menelusuri Tempat Penangkapan Para Terduga Teroris Bekasi

KBRN, Bekasi: Detasemen Khusus (Densus) 88 antiteror kembali melakukan penangkapan terhadap 2 terduga teroris di Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jumat, (10/9/2021).

Terduga teroris pertama diamankan didekat rumahnya di Jalan Duwet, RT 01 RW 05, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Pengurus RW 05 Kelurahan Harapan Jaya, Tohroni sempat terkejut pagi-pagi sudah kedatangan pihak kepolisian yang ingin menggeledah rumah terduga teroris.

"Tapi setelah datang menunjukkan surat bahwa dari kepolisian, intinya adalah bahwa minta izin ke pengurus RW untuk nemenin pihak kepolisian ke rumah yang bersangkutan," ujar Tohroni saat ditemui RRI di Harapan Jaya, Bekasi Utara, Bekasi, Jumat (10/9/2021).

Polisi, lanjut dia, telah mengamankan sebua spanduk dan sebuah kotak.

Tapi, kata dia, tidak tahu persis apa tulisan atau gambar yang ada di spanduk.

"Saya hanya melihat spanduk, lainnya ada kotak kecil, saya tidak tahu itu apa karena itu ada di depan saya lewat," kata dia.

Tohroni mengatakan, terduga teroris sudah lebih dari 30 tahun tinggal disana dan memiliki kebiasaan yang sangat positif.

"Keseharian beliau ini luar biasa, yang bersangkutan sosialnya tinggi, dan kegiatan keagamaannya cukup bagus, sering ceramah, sering jadi imam," ujar dia.

Terduga teroris kedua diamankan di Jalan Bangau IX, RT 3 RW 23, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Ketua RT 03 Kelurahan Harapan Jaya Haris Fadilah (55) mengatakan, terduga teroris sudah dari kecil tinggal di sini, dia juga bekerja diwilayah Jakarta Timur.

"Warga sini, dari kecil disini kok Asli sini. Dia kerja di wilayah Pulogadung," kata Haris saat ditemui, Jumat.

Haris juga menyebut, terduga teroris aktif dilingkungannya dan menjabat sebagai seksi olahraga di RT 03.

"Dia Seksi olahraga saya. Kalau ada orang sakit suka nengok bareng juga kok. Sering ngobrol juga sama warga sini," ucap Haris.

Pihaknya menyebutkan beberapa barang yang diamankan oleh pihak kepolisian seperti dompet, spanduk, uang tunai, dan juga majalah.

"Dokumen kaya dompetnya dia, handphone, duit 22 juta duit yayasan dia untuk anak Yatim, majalah-majalah," kata Haris.

Penangkapan

Detasemen Khusus (Densus) 88 antiteror kembali melakukan penangkapan terhadap terduga teroris. Mereka ditangkap pada Jumat, (10/9).

Ada tiga terduga teroris dari kelompok Jamaah Islamiyah (JI) ditangkap di kawasan Bekasi Utara, Jawa Barat dan Petamburan, Jakarta Barat.

"Benar, ada penangkapan terhadap tiga orang. Ini kelompok JI," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan.

Ahmad menjelaskan inisial para terduga teroris.

"MEK, S, dan SH. Mereka akan dibawa ke Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut," kata Ahmad. (DNS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00