Foto Selfie KTP Dijual di Medsos Diselidiki

Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono (Dok. Humas Mabes Polri)

KBRN, Jakarta: Polri kini tengah mencari informasi mengenai dugaan data kartu tanda penduduk (KTP) dengan potret diri (selfie) yang dijual di media sosial.

"Sedang dilakukan penyelidikan terhadap informasi tersebut," kata Kadiv Humas Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Jumat (25/6/2021).

Akun media sosial @recehvasi sebelumnya menyebutkan bahwa data dan foto-foto berkaitan dengan KTP dapat tiba-tiba tersebar dan diperjualbelikan oleh orang tak bertanggungjawab.

Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri kemudian mencari informasi akan hal tersebut namun hingga saat ini belum dapat dijelaskan secara rinci mengenai benar atau tidaknya peristiwa tersebut.

Termasuk, data awal kepolisian mengenai hasil penyelidikan sementara terkait diduga tersebarnya data pribadi masyarakat Indonesia di platform media sosial.

Dalam cuitan yang viral di media sosial. Pemilik akun mewanti-wanti agar masyarakat waspada dengan modus jual-beli data dan foto KTP di medsos.

Kemudian, dia membagikan hasil tangkapan layar suatu unggahan di platform media sosial yang belum dapat dipastikan. Terlihat, admin yang mengunggah postingan itu menjual sejumlah foto KTP beserta dengan foto diri (selfie) pemilik yang sedang memegang KTP.

"Ready KTP selfie HD Minat Pm aja bahan masih fress," tulis akun dengan menambahkan beberapa contoh foto selfie dan KTP yang diduga dijual.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00