Presiden Jokowi Hadiri Penutupan APG 2022, Pengamanan Diperketat

Komandan Korem 074 Warastratama Surakarta Kolonel Inf Achiruddin menjawab pertanyaan wartawan seusai Rakorpam di Balaikota Surakarta. Menurutnya 1.000 personel gabungan disiapkan untuk acara penutupan Asian Para Games (APG) 2022 yang akan dihadiri Presiden Jokowi, Sabtu (6/8/2022) malam. (foto RRI)

KBRN, Surakarta: Lebih dari 1.000 personil gabungan TNI-Polri dan Satpol-PP Solo siap mengamankan acara penutupan (closing ceremony) Asean Para Games (APG) 2022.  Penutupan kegiatan olahraga se Asia Tenggara itu akan dihadiri Presiden Jokowi, Sabtu (6/8/2022) malam.

Semua pengunjung yang hadir di acara penutupan APG akan diperiksa oleh petugas satu persatu melalui lima pintu yang telah disiapkan. 

Komandan Korem 074 Warastratama Kolonel Inf Achiruddin mengatakan koordinasi dengan tim keamanan dan juga panitia terus dilakukan jelang closing ceremony.

Menurutnya ada 6000 penonton yang akan hadir di Stadion Kebanggaan Wong Solo itu. Semuanya harus melalui pemeriksaan petugas, terutama wajib sudah vaksin Booster dan jika belum booster harus menunjukkan hasil tes antigen. 

Kemudian ada sejumlah barang yang tidak boleh dibawa masuk ke dalam stadion.

"Kita Koordinasi dengan Panitia (EO), untuk kerjasama. Ini karena penonton 6000 harus dicek satu, satu. Keseluruhan itu ada 6000-an, harus dicek. Jangan sampai ada yang masuk ke dalam membawa barang barang, petasan korek api. Intinya kegiatan yang dihadiri Presiden harus clear," kata Kolonel Inf Achiruddin seusai Rakorpam di Balaikota Kamis (4/8/2022).

Di kesempatan yang sama Kapolresta Surakarta Kombespol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, personil gabungan 2.137 Polri TNI dan Satpol PP telah disiapkan acara penutupan.

Pengamanan akan dipetakan menjadi tiga ring, mulai dari kawasan Stadion Manahan, ring dua di area parkir dan ring tiga pagar luar sepanjang Stadion Manahan. Selain tiga ring pengamanan akan ada petugas patroli mobil sebanyak lima tim.

"Kemudian kita siapkan lima tim gabungan yang akan memonitor situasi kamtibmas, sebelum acara maupun closing ceremony dilakukan. Pengamanan akan dilakukan sampai tanggal 7 saat presiden masih di Solo," jelasnya.

Dikatakan Ade Safri selama penutupan acara APG tidak ada rekayasa lalu lintas dan pengalihan arus, namun rute yang dilintasi tamu dan presiden akan mendapatkan pengamanan ekstra. 

Menurut Kapolres, warga yang akan hadir di Manahan harus dipastikan membawa undangan. Kemudian menyiapkan aplikasi Peduli Lindungi atau sudah booster dan akan dilakukan penggeledahan barang bawaan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar