Gus Muwafiq Minta Milenial Amalkan Nilai Pancasila

KH Ahmad Muwafiq Menjadi Narasumber LPP RRI. DOK PRIBADI

KBRN, Jakarta: Ulama kondang, KH Ahmad Muwafiq, meminta generasi milenial bisa mengamalkan dan menjaga nilai Pancasila yang sudah diwariskan dari para pahlawan pendiri bangsa. 

Pria yang akrab disapa Gus Muwafiq itu mengingatkan para generasi milenial bahwa sangat sulit menyatukan bangsa-bangsa di Indonesia apabila tidak ada Pancasila. Pancasila pula yang hingga sekarang mengikat bangsa ini menjadi satu dengan bukti Sabang sampai Marauke tetap berada dalam NKRI.

"Spirit agama ini yang menyatukan Indonesia seperti sekarang ini. Ini harus dijaga oleh anak-anak milenial," kata Gus Muwafiq dalam Talkshow Beranda Nusantara dengan tema "Pancasila, Sejarah, dan Tantangannya" di Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI), Kamis (23/6/2022). 

Gus Muwafiq mencontohkan banyak bangsa yang terpecah-belah karena tidak memiliki falsafah bernegara. Seperti di Arab, menurut dia, satu bangsa menjadi puluhan negara. Begitu juga Eropa, satu bangsa tetapi memilih menjadi puluhan negara.

"Indonesia puluhan bangsa bersepakat dengan satu Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ini sisi fundamental dari keberagaman, biar beda suku dan agama tapi tetap bertanggung jawab," ujarnya. 

"Dan itu bukan hal yang mudah meletakkan kompromi-kompromi bangsa ini dibangun," tambahnya. 

Selain itu, lanjut Gus Muwafiq, Islam sudah menerima Pancasila sebagai ideologi bangsa karena kaidah yang terkandung di dalamnya sesuai dengan nilai-nilai Islam.

"Pancasila sebuah nilai yang sudah ada dalam kehidupan sehari-hari sebelum merdeka. Semisal, kalau ada kegiatan selalu bersatu dan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan," jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar