Romo Magnis: Pancasila Harus Jadi Pegangan Masyarakat

Rohaniawan Katolik dan Budayawan Frans Magnis Suseno menjadi nara sumber pada Talkshow Beranda Nusantara dengan tema

KBRN, Jakarta: Rohaniawan Katolik Franz Magnis Suseno menekankan betapa pentingnya menjadikan Pancasila sebagai pegangan masyarakat. Hal itu disampaikannya dalam Talkshow Beranda Nusantara yang diselenggarakan RRI, Kamis (23/6/2022).

Talkshow edisi kali ini menghadirkan tema "Pancasila, Sejarah, dan Tantangannya". Acara berlangsung di Galeri Tri Prasetya RRI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Romo Magnis percaya Pancasila bisa menjadi tatanan hidup dalam kehidupan Indonesia yang beragam, sebab di dalam Pancasila terdapat nilai-nilai sosial dan kemasyarakatan.

"Ini menjadi tugas kita bersama, termasuk penguasa, bahwa perlu membuat lebih nyata sila keempat Pancasila, yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab," kata rohaniawan dari ordo Jesuit tersebut.

Menurut Romo Magnis sila keempat memiliki banyak aspek. Mulai kebebasan beragama, bersosial, dan lain-lain. Maka itu mengedepankan kemanusiaan yang adil dan beradab, akan membuat Indonesia menjadi lebih kokoh.

Romo Magniz, yang juga seorang budayawan, menambahkan ada pandangan bahwa dalam tempo 50 tahun ke depan, manusia akan menjadi tidak relevan. Sebanyak 50 persen umat manusia tidak lagi berpikir relevan.

Maka itu, Romo menilai Pancasila bisa jadi solusi, terutama bagi masyarakat Indonesia, agar tetap relevan dalam kehidupannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar