Ekspor Ekonomi Kreatif di Bantul Kembali Menggeliat

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih (tengah) bersama jajarannya saat dialog Beranda Nusantara RRI melalui virtual, Rabu (25/5/2022). (Foto: Tangkapan Layar YouTube RRI Net)

KBRN, Jakarta: Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, kegiatan ekspor ekonomi kreatif di Bantul kembali menggeliat usai meredanya Pandemi Covid-19. 

"Sentra industri kreatif juga telah kita datangi dan aktivitas ekspor ke Eropa hingga Amerika kembali pulih. Ini suatu kondisi yang menggembirakan," katanya dalam Dialog Beranda Nusantara RRI "Usaha Maju, Kita Mendunia", Rabu (25/5/2022). 

Bantul sendiri menjadi produsen mebel dan craft terbesar di DIY Yogyakarta. Untuk itu, pihaknya saat ini terus menggenjot kualitas produk demi meningkatkan daya saing dengan Cina.

"Pesaing kita tetap Cina, karena Cina juga memproduksi mebel dan craft. Bahkan pengrajin kita ada yang dicontoh produknya oleh beberapa produsen di Cina," jelasnya. 

Saat ini, kata Abdul, Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul telah mendukung pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan memberikan wadah untuk berjualan dan berkereasi.

Misalnya dengan meluncurkan aplikasi Bantul Online Shop (BOS) hingga menyiapkan e-Katalog lokal seperti yang diarahkan Presiden Joko Widodo. 

"Hari ini untuk mendukung teman-teman UMKM, Pemda Kabupaten Bantul telah melaunching aplikasi BOS atau Bantul Online Shop semacam market place lokal. Juga hari kita segera matangkan e-Katalog lokal," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar