Akademisi UI: Masyarakat Senang Memenuhi Kebutuhan Dasar

Founder dan pembina UKM Center FEB-UI, Nining Soesilo memberikan pendapatnya pada Dialog "Beranda Nusantara" dengan konsep Temu Kelompencapir atau Kelompok Pendengar, Pembaca, dan Pemirsa, Rabu (25/5/2022). Dialog yang bertema "Usaha Maju, Kita Mendunia digelar oleh Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI).(Foto/rri.co.id/Chaarly Reinhard).jpg

KBRN, Jakarta: Direktur UKM Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menyatakan saat ini Indonesia memiliki keinginan berwirausaha besar namun lebih senang memenuhi kebutuhan dasarnya. 

"Kembali ke piramida Maslow mereka senang memenuhi kebutuhan basic neednya (kebutuhan dasar), mindset untuk eksplor diri sendiri kurang," ungkapnya saat Dialog UMKM: Usaha Maju Kita Mendunia di Auditorium Yusuf Ronodipuro, Rabu (25/5/2022). 

Ia mencontohkan misalnya saat pelaku UMKM mengikuti pelatihan ekspor mereka bilang mengaturnya kewalahan. 

"Kata mereka, saya atur aja disini kewalahan, jadi mindset to explore themselvesnya kurang," katanya. 

Menurutnya, banyak orang menilai mindset menjadi pengusaha adalah orang terbuang dan itu menjadi kendala. 

"Saya pernah menanyakan ke ibu-ibu di daerah anaknya dipinang dua orang, dia pilih yang meminang adalah PNS bukan pengusaha," tambahnya.

Adapun, Survei Pengusaha Muda Asia Pasifik 2021 menemukan bahwa 72 persen Generasi Z dan Milenial di Asia Pasifik bercita-cita untuk memiliki bisnis sendiri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar