Masih Sebulan, Presiden Siapkan Sapi Kurban untuk Disebar

Ilustrasi sapi berbobot besar. Tim Kepresidenan RI mengabarkan akan menyebar sapi kurban Bantuan Presiden ke seluruh Indonesia. Provinsi Riau termasuk yang akan kebagian. Sapi kurban bantuan presiden Jokowi biasanya kelas super dengan bobot sekitar 1 ton. (istimewa)

KBRN, Pekanbaru : Idul Adha masih sebulan lebih, namun sapi kurban Bantuan Presiden Jokowi sudah disiapkan untuk disebar ke seluruh Indonesia.

Provinsi Riau tahun ini akan kembali mendapat bantuan sapi kurban Presiden yang disembelih pada perayaan hari raya Idul Adha 2022.

Hari Raya Idul Adha 1443 hijriah di Indonesia akan jatuh pada tanggal 9 Juli 2022.

"Kita sudah mendapat konfirmasi bahwa tahun ini Riau kembali mendapat bantuan sapi kurban dari Presiden," kata Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau, Zulkifli Syukur, dikutip dari mediacenterriau.go.id, Sabtu (21/5/2022). 

Karena itu, pihaknya bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau akan mencari sapi untuk alternatif sebelum tim dari Sekretariat Negara (Setneg) meninjau sapi kurban bantuan Presiden.

"Kalau sudah dapat beberapa sapi, nanti tim akan melihat langsung kelayakan sapi. Kalau tim menyatakan sudah sesuai, makan sapi itu yang akan dijadikan sebagai sapi kurban bantuan Presiden," sebutnya. 

Zulkifli menyampaikan, sapi kurban bantuan Presiden nantinya akan disembelih di Masjid Raya Annur Pekanbaru, Riau, pada perayaan hari raya Idul Adha. 

"Sapi kurban bantu Presiden seperti biasa nanti akan disembelih di Masjid Raya Annur, dan dagingnya akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan," terangnya. 

Zulkifli menambah, sapi kurban Presiden tersebut nanti akan disembelih bersamaan dengan sapi kurban Gubernur Riau dan Forkompinda Riau. 

Seperti diketahui setiap hari Raya Idul Adha Presiden Jokowi selalu membagikan hewan sapi kurban ke sejumlah pelosok Indonesia.

Tahun 2021 lalu ia membagikan 35 ekor sapi ke sejumlah wilayah di Tanah Air.

Ciri-ciri sapi bantuan Jokowi adalah bobotnya yang fantastis, biasanya lebih dari 1 ton.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar