Kunjungi Episentrum Gempa, Presiden Perintahkan Tuntaskan Evakuasi

Presiden Joko Widodo saat mengunjungi episentrum gempa di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Kamis (24/11/2022). (Foto: Biro Pers Setpres)

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo mengunjungi Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat yang terdampak parah akibat gempa bumi pada Senin (21/11/2022). Gempa bermagnitudo 5,6 itu meruntuhkan banyak bangunan rumah dan berbagai fasilitas umum.

"Saya datang ke Kecamatan Cugenang karena ini adalah episentrumnya. Daerah yang terdampak paling parah, terutama untuk rumah-rumah yang roboh paling banyak di sini," kata Presiden dalam keterangan pers di SDN 2 Sukamaju, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Kamis (24/11/2022).

Saat melihat secara langsung kondisi di episentrum gempa, Presiden juga mendatangi rumah sakit di mana banyak korban selamat dirawat. Menurutnya yang paling utama dilakukan yaitu menyelesaikan proses evakuasi korban. 

"Paling penting setelah nanti evakuasi selesai, distribusi bantuan sudah bisa menjangkau ke semua lokasi. Baru babak berikutnya adalah rehabilitasi untuk rumah-rumah yang roboh berat, sedang, maupun yang ringan," jelasnya.

Dia memastikan pemerintah akan membantu pembiayaan perbaikan rumah warga yang rusak. Adapun untuk rusak berat bantuan diberikan sebesar Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta, dan rusak ringan Rp10 juta. 

Sementara untuk mekanismenya, lanjut Presiden, akan lebih fleksibel. Ia menyebut skema perbaikan rumah akan dibantu oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan TNI. 

"Ada juga yang diserahkan kalau memang itu bisa mempercepat. Kita tidak terpaku pada satu skema," ucap Presiden mengakhiri.