Wapres Harapkan Aksi Nyata Inkusif untuk SDGs

Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat menghadiri secara daring Anugerah ISDA 2022, Selasa (22/11/2022). (Foto:SetwapresRI)
KBRN, Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebut, pemerintah berkomitmen kuat mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Yaitu dengan meningkatkan berbagai program, seperti kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, hingga pembangunan infrastruktur pelayanan dasar. 

Untuk itu, penyelenggaraan Indonesian SDGs Awards (ISDA) 2022 sebagai ajang apresiasi atas dedikasi dan kiprah yang berkorelasi dengan pencapaian SGDs. Diharapkan, selanjutnya dapat terus mendorong aksi-aksi nyata dari berbagai pihak, seperti dunia usaha melalui Corporate Social Responsibility (CSR). 

“Penyelenggaraan ISDA saya harapkan dapat terus mendorong aksi nyata korporasi, organisasi, dan perseorangan. Dengan demikian, dapat tercipta kolaborasi dengan masyarakat sekitar yang inklusif, akuntabel, dan ramah lingkungan,” ujar Wapres saat menghadiri secara daring Anugerah ISDA 2022, Selasa (22/11/2022).

Dalam acara yang digelar oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD) tersebut, Wapres memaparkan tiga pesan yang perlu ditindaklanjuti. Pertama, penyelenggaraan ISDA agar diikuti dengan ragam aksi nyata secara berkesinambungan, untuk mencapai SDGs Indonesia 2030.

"Apresiasi atas inisiatif dan kerja keras korporasi, organisasi, dan perseorangan dalam program CSR untuk SDGs. Sekiranya kian menginspirasi berbagai pihak untuk melanjutkan langkah serupa,” imbau Wapres.

Kedua, pelaksanaan CSR korporasi dan organisasi agar menggunakan pendekatan holistik dan memperhatikan berbagai aspek dalam SDGs. 

“Program CSR korporasi dan organisasi dapat menyasar masyarakat miskin, meningkatkan pendidikan, kelestarian lingkungan hidup, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Serta pemberdayaan UMKM, terutama sektor pertanian dan perikanan yang peluangnya masih besar,” jelas Wapres. 

Ketiga, Wapres menekankan, sinergi antarpemangku kepentingan harus didorong untuk mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrem. Sehingga mencapai tujuan SDGs sesuai dengan fokus tugas dan kapasitas masing-masing. 

"Setiap pihak harus bekerja sama dan memastikan setiap program dan kegiatan terkonvergensi dan tersinkronisasi dengan baik,” tegasnya.

Wapres berharap, kinerja organisasi yang terbaik harus terus diupayakan dengan meningkatkan kualitas dan pengelolaan operasi perusahaan. Serta, mempromosikan pembangunan berkelanjutan, sejalan dengan semangat Indonesia Emas 2045.

“Saya ucapkan selamat kepada para penerima Anugerah ISDA 2022 untuk semua kategori. Semoga prestasi ini akan terus berlanjut secara konsisten dan sukses menuju sustainability of business excellence"” pungkasnya.