Sembuh dari Covid-19, Ratusan TNI Masih Diisolasi

Ilustrasi kegiatan Pusdikom TNI AD Cimahi Jawa Barat.(Dok.Ist)

KBRN, Cimahi: Anggota TNI Angkatan Darat pasien Covid-19 di Pusdikpom Cimahi dinyatakan sembuh. Naamun, dia masih harus menjalani isolasi mandiri di Pusdikpom Baros Cimahi, Jawa Barat.

Seluruh anggota TNI merupakan siswa dan personil Pusdikpom positif Covid-19 sebanyak 101 orang. Itu termasuk, prajurit TNI AD pasien di Rumah Sakit TNI Dustira Cimahi.

"Mereka dinyatakan negati. Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 314 tahun 2020 bahwa untuk sekarang, bagi Orang Tanpa Gejala (OTG), setelah dinyatakan negatif, kemudian dinyatakan sembuh, dan (mereka, red) harus menjalani isolasi selama 10 hari," ungkap Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna kepada wartawan di kantornya, Jalan Raden Demang Harjakusumah Cibabat Cimahi, Jawa Barat, Rabu (15/7/2020).

Menurut Ajay, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Cimahi kembali melakukan Swab Test PCR terhadap 101 orang personil TNI, dan hasilnya negatif semua, alias sudah sembuh.

"Untuk tracing masih dilakukan, karena yang sakit sudah sembuh. Kami masih mencari asal penyebaran penularan dari mana. Hal itu harus tuntas secara komprehensif karena biang satu saja bisa muncul lagi dimana-mana," ujar Ajay didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi dr.Pratiwi.

Covid-19 Warga Cimahi

Saat ditanyai kondisi 68 warga sekitar Pusdikpom usai menjalani Swab Test, Ajay menjelaskan hasilnya juga negatif semua. Bahkan, dari 108 terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Cimahi belum sembuh hanya 24 orang.

"Sampai hari ini tidak  ada laporan baru terkonfirmasi positif,  sedangkan pasien terkonfirmasi  positif yang dinyatakan sembuh ada 2 orang, yakni warga Kel Cigugur Tengah. Dengan demikian, pasien terkonfirmasi positif  aktif masih ada  22 orang dan kondisi mereka semakin membaik," terang Ajay.

Walaupun tidak ada penambahan pasien Covid-19, Ajay tetap mengimbau masyarakat tetap patuh menggunakan masker saat berada di luar rumah. Selain itu, rajin mencuci tangan dengan sabun, menghindari atau menjauhi kerumunan karena virus Covid-19.

Perlu diketahui, semua sekolah di Cimahi tetap diliburkan. Sedangkan para siswa tetap belajar di rumah secara daring atau online.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00