Lantik Perwira Muda, Ini Pesan Jokowi

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo melantik para perwira TNI dan Polri dalam Prasetya Perwira secara virtual dari Istana Merdeka pada Selasa (14/07/20) pagi. 

Prosesi pelantikan dilaksanakan dalam protokol kesehatan ketat. Dimana, dari ratusan calon perwira yang biasa hadir langsung di halaman Istana, kini hanya diwakilkan saja oleh beberapa perwakilan dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Kepolisian Republik Indonesia. 

Dalam amanahnya, Presiden Jokowi menyampaikan kebanggaannya dapat melantik para perwira muda di tengah situasi pandemi COVID-19. Kepala Negara mengatakan, para perwira muda itu harus dapat memanfaatkan situasi pandemi ini sebagai bahan pembelajaran bagi mereka. 

"Memang kita menghadapi masalah kesehatan dan ekonomi yang sangat pelik, seperti juga halnya dio 215 negara lainnya di dunia mengalami hal sama. Namun sebagai bangsa pejuang, kita tidak boleh menyerah, kita bukan hanya harus mampu menyelesaikan masalah akibat pandemi, tapi kita juga harus mampu memanfaatkan penademi untuk memperkokoh bangsa dan membuat lompatan-lompatan kemajuan," tutur Jokowi yang disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

Jokowi juga meminta mereka para perwira muda untuk lebih pandai dalam membaca peluang dan tantangan di masa mendatang, sebab dunia bisa berubah dengan cepat di semua sektor kehidupan. 

"Teknologi militer juga berkembang cepat, teknologi militer terkini telah memanfaatkan kecerdasan buatan (AI), auto measure, augmented reality, dan teknologi siber telah jauh berkembang dan masih banayk lagi perkembangan teknologi yang mengagumkan, saudara-saudara harus menjadi bagian untuk mengendalikan dan mengembangkannya," kata Jokowi menambahkan. 

Prasetya Perwira di tahun di 2020 ini menjadi begitu berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena biasanya Praspa dilaksanakan di halaman Istana Merdeka dan dihadiri oleh ratusan perwira muda tentunya dengan didampingi keluarga mereka. 

Kali ini, Praspa hanya dihadiri oleh perwakilan dari matra saja, dan keluarga yang mendampingi pun hanya menghadiri dan menyaksikan dari jarak yang tidak terlalu dekat, mengingat penerapan protokol kesehatan ketat. (Foto: Istimewa)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00