Protokol Kesehatan Sulit Diterapkan, COVID Berpotensi Naik

KBRN, Jakarta: Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pandemi COVID-19 Kiki Ika Syafitri menjelaskan, masih tingginya kasus positif COVID-19 di Indonesia per harinya dikarenakan tes masif yang dilakukan pemerintah setiap harinya. 

"Jadi lebih banyak pada peningkatan kapasitas tes. Kita mulai dengan 30 ribu tes per hari, kita maksimalkan itu," jelas Kiki dalama telekonferensi pada Sabtu (11/07/20). 

Selain itu, Kiki dan Tim Gugus Tugas juga masih melihat masyarakat banyak yang belum menerapkan protokol kesehatan secara baik dan benar. 

"Karena penerapan protokol kesehatan masih banyak belum dilaksanakan, di mana masyarakat sulit sekali (untuk melakukannya) atau kelompok tertentu sulit untuk jaga jarak, seperti di sekolah atau di pesantren, di tempat-tempat yang banyak orang kumpul dalam setting dengan sirkulasi udara yang tidak baik, kemudian tidak pakai masker," jelas Kiki. 

Hingga Jumat kemarin, total kasus terinfeksi COVID-19 mencapai angka lebih dari 72 ribu orang. Berdasarkan data pemerintah, lima provinsi dengan oenambahan kasus baru tertinggi yaitu DKI Jakarta 260 kasus baru, Jawa Timur 246 kasus baru, Sulawesi Utara 134 kasus baru, Sulawesi Selatan 132 kasus, dan Sumatera Utara mencapai 112 kasus baru.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00