Presiden Marah Soal Anggaran, Mensos: Masih Sesuai

KBRN, Jakarta: Menteri Sosial, Juliari P Batubara menanggapi kemarahan Presiden soal penyerapan anggaran yang lambat. Menurutnya penyerapan anggaran Kemensos tahun 2020 masih sesuai dengan target program - program perlindungan sosial milik pihaknya.

"Ya kan kita sudah ada programnya. Artinya kan Kita juga tidak mungkin ya misalnya sampe Desember masa anggarannya Oktober sudah kita habiskan ya kan ga juga. Kan sudah ada tracknya ya," ucap Mensos di dalam kegiatan Penguatan Reformasi Birokrasi dan Submit Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kantor Kemensos, Jakarta, Selasa (30/6/2020).

Secara rinci Ari sapaan akrab Mensos menyebutkan realisasi anggaran kementeriannya untuk tahun 2020 sudah mencapi 60,38 persen dari total anggaran 104 triliun. 

Bahkan menurutnya penyerapan anggaran kementeriannya paling baik diantara kementerian maupun lembaga lainnya.

"Jadi itu memang kalau ada rankingnya per K/L data yang kami terima dari Kemenkeu itu kita nomer satu," tegasnya.

Sehingga arahan Presiden soal percepatan itu kata Ari menjadi motivasi pihaknya untuk lebih cepat lagi dalam merealisasikan penyerapan anggaran perlindungan sosial, meski dinilainya sudah sesuai. Tentunya kata dia percepatan akan dilakukan sesuai dengan prinsip akuntabilitas.

"Saya sampaikan arahan Presiden dan meminta kepada para Eselon Satu walaupun mungkin merasa sudah on the track tapi Presiden meminta agar lebih cepat lagi. Namun tentunya karena kami aparatur negara tetap juga bahkan kami minta pak Irjen untuk mengawasi juga tetap dalam kerangka, dalam rambu-rambu yang akuntabel. Artinya percepatan realisasi itu juga tetap akuntabel," ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00