Fachrul Razi Jamin Pengembalian Dana BPIH

Ilustrasi ibadah haji.(Dok.Ist)

KBRN, Jakarta: Menteri Agama Indonesia Fachrul Razi berkomitmen untuk mengengembalikan dana Badan Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) kepada jemaah yang batal melaksanakan ibadah haji pada tahun 2020 ini karena pandemi COVID-19. Pengembalian dana BPIH itu lantaran jemaah yang batal membutuhkan biaya di tengah pandemi COVID-19.

"Dalam skenario ini pengembalian BPIH kami buat opsional bisa dikelola terpisah di BPKH  sesuai saran dan masukkan dari Komisi VIII DPR dan atau dapat diambil kembali oleh jemaah haji. Ini semua kami susun secara matang dengan tujuan untuk memberikan pelayanan dan perlindungan maksimal kepada jemaah haji," kata Fachrul Razi dalam Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (18/6/2020).

Di hadapan anggota Komisi VIII DPR, menurut Fachrul Razi batalnya ibadah haji lantaran pemerintah Arab Saudi tak kunjung membuka akses ibadah haji. Selain itu, slot time penerbangan belum bisa diperoleh dan input data sistem e-hajj belum bisa diproses dan visa jemaah haji belum bisa diterbitkan.

"Proses tersebut sangat mempengaruhi mungkin tidaknya jemaah haji diberangkatkan ke tanah suci," ungkap Fachrul.

Artinya, kata Menteri Agama sampai dengan tengat waktu yang dibutuhkan untuk memproses semua itu tidak ada lagi jalan yang ditempuh untuk sampainya jemaah ke tanah suci jika melalui tahapan haji yang masih dilalui maka sudah tidak cukup waktu lagi untuk mempersiapkan keberangkatan ibadah haji.

"Berdasarkan kenyataan tersebut pemerintah tidak memberangkatkan ibadah haji pada tahun ini, keputusan ini pahit dan sulit," terang Fachrul.

Sedangkan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily menyarankan pemerintah untuk mengeluarkan keputusan presiden (Keppres) untuk pembatalan ibadah haji tahun 2020.

"Kalau saya inginnya Keppres, kenapa Keppres? karena dasar dari penyelenggaraan ibadah haji ini selain dari undang-undang tapi juga Keppres yang dikeluarkan oleh presiden tentang biaya penyelenggaraan ibadah haji," kata Ace.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00