Bansos Diperpanjang Hingga Desember, Namun Nilai Berkurang

KBRN, Jakarta : Pemerintah akan memperpanjang Bantuan Sosial untuk masyarakat lapisan bawah, termasuk untuk mereka yang juga terdampak pandemi COVID-19. Rencananya, pemberian bansos akan diperpanjang hingga Desember 2020 mendatang. 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kemanusiaan Muhadjir Effendy mengatakan, akan ada pengurangan nilai bantuan sekitar 50 persen, dikarenakan kesiapan menuju Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) yang akan mulai berjalan dalam waktu dekat. 

"Bansos memang akan ada perpanjangan hingga desember, tapi nilai bantuan 50 persen dari yang kita lakukan, yang harusnya berakhir Juli, sehingga menjadi Agustus-Desember. Apakah nanti sembako diganti BLT, masih pembahasan kajian oleh Kemensos dan akan kita beritahukan penjelasannya kenapa kita lakukan. Karena kita melihat kecenderungan bansos-bansos ini kita kurangi menuju New Normal ini, ketika di lapangan aktivitas di sektor-sektor padat karya dan lapangan pekerjaan lain mulai dibuka. Karena pengurangan PSBB, jadi kita simultan antara pengurangan PSBB dan diikuti secara bertahap, dikurangi volume bansos, sehingga kita menuju era normal kembali," jelas Muhadjir dalam keterangan pers virtual pada Kamis (04/06/20). 

Muhadjir juga menuturkan, penyaluran bansos tahap pertama sudah selesai 90 persen di seluruh wilayah. 

"Untuk bansos putaran pertama paling tidak sudah selesai 90 persen, seluruh Indonesia dengan skema baru termasuk BLT Desa dan Bantuan Sosial Tunai BST. Bahkan Jabodetabek sudah masuk putaran ke-4 mudah-mudahan lancar dan mengurangi beban masyarakat paling bawah yang butuh bantuan itu," jelas Muhadjir. 

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, ada perubahan nominal dan jangka waktu penerimaan bantuan sosial serta Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di tengah pandemi COVID. Sri Mulyani memaparkan, bansos akan diperpanjang hingga Desember 2020. Namun, akan ada pengurangan nominal bansos. (PR)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00