Tidak Ada WNI Terdampak Protes Kematian Floyd

KBRN, Jakarta : Aksi protes atas kematian George Floyd di Amerika Serikat, terus bergulir hingga sepekan terakhir.

Di Amerika Serikat sendiri terdapat lebih dari 142 ribu Warga Negara Indonesia (WNI), yang berdomisili di wilayah kerja enam perwakilan RI.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, menyebut, hingga saat ini tidak ada WNI yang dilaporkan terdampak aksi protes kematian George Floyd.

“Berdasarkan informasi terakhir yang kami terima dari perwakilan kita di Amerika Serikat, hingga saat ini tidak ada WNI yang terdampak dari proses demo di Amerika Serikat yang terjadi di lebih dari 140 kota,” ungkap Judha Nugraha dalam press briefing daring rutin, Rabu (3/6/2020).

Judha mengatakan, monitoring secara daring juga dilakukan oleh perwakilan RI, sebagai upaya mengetahui langsung kondisi WNI.

“Seluruh perwakilan kita di Amerika Serikat telah memperluas komunikasi dengan WNI di Amerika Serikat, termasuk pertemuan secara online untuk memantau kondisi mereka dan mereka dalam kondisi baik dan aman dan termasuk jaringan kesehatan,” jelasnya.

Menurut Judha, untuk menjaga keselamatan dan keamanan, WNI juga diimbau untuk terus mengikuti berbagai arahan dari otoritas setempat.

“Himbauan-himbauan juga diberikan seluruh perwakilan, meminta WNI untuk tetap tenang, tidak keluar rumah, mengikuti arahan otoritas setempat dan terus memantau komunikasi dengan seluruh perwakilan di Amerika Serikat. Termasuk, jika dalam keadaan darurat bisa menghubungi hotline masing-masing perwakilan,” ucap Judha. (Foto:Kemenlu RI)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00