194 ABK MV Volendam Berhasil di Evakuasi

KBRN, Jakarta: Tim gabungan Gugus Tugas kembali mengevakuasi Anak Buah Kapal (ABK) WNI kapal pesiar MV Volendam. Sebanyak 194 ABK telah di evakuasi di dermaga JICT II  Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara (Rabu 3/6/2020).

Diketahui Kapal pesiar MV Volendam berbendera Negara Netherlands, sebelumnya dari Cape Town Afrika Selatan singgah di Philipina kemudian menuju Jakarta. 

Komandan Lantamal III Jakarta, sekaligus Dansatgas Evakuasi Brigadir Jenderal TNI (Mar)  Hermanto mengatakan,  194 ABK yang turun dari MV Volendam ini terdiri dari 13 wanita dan 181 pria.  

"Sesampainya didermaga Tim satgas langsung melakukan penyemprotan disinfektan baik terhadap tubuh maupun barang bawaannya, terkhusus untuk barang bawaan diwajibkan melewati X-Ray. Para ABK tersebut akan melaksanakan Swab Test (PCR) dari Tim KKP di Hotel Mercure Batavi," ungkap Hermanto saat di wawancarai, Rabu (3/6/2020).

Sementara itu, Hermanto menyebut, ABK kapal pesiar MV.Volendam merupakan kapal yang ke-11 dengan jumlah total sudah sekitar 2819 ABK melalui pelabuhan JICT 2 l. 

"Kemungkinan masih belasan kapal lagi yang akan kita evakuasi untuk kemanusiaan Tim Satgas evakuasi selalu siap untuk melaksanakan tugas," ucapnya.

Kemudian para ABK dinaikan ke 10 Bus yang disiapkan oleh Agen kapal untuk diantar ke Hotel, dimana hotel tersebut sudah direkomendasikan oleh Gugus tugas Covid-19, untuk saat ini baru 7 hotel di Jakarta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00