Tak Dapat Bansos? Segera Lapor ke KPK

Warga menerima bansos di Kota Dumai, Riau. (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/aww).

KBRN, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menambahkan fitur "JAGA BANSOS" dalam aplikasi JAGA. Aplikasi JAGA sendiri dapat diunduh masyarakat melalui andorid dan iOs.

Menurut Ketua KPK, Firli Bahuri, melalui fitur "JAGA BANSOS" masyarakat dapat melaporkan segala keluhan. Nantinya, ketika laporan masyarakat masuk ke fitur tersebut, KPK akan memonitor  dan segera menindak lanjuti laporan.

"Nanti di aplikasi tersebut bisa dilihat, apa yang bisa dilaporkan, misalnya berupa ada yang tidak menerima bansos, apa kualitas bansosnya kurang atau tidak ada dana yang sampai, boleh disampaikan lewat "JAGA BANSOS" nanti kita respon," jelasnya ketika berdialog khusus bersama Pro 3 RRI, Selasa (2/6/2020).

Firli mengatakan bahwa Bansos sendiri menyasar ke jutaan masyarakat. Untuk itu, Firli berharap agar masyarakat dapat membantu KPK untuk mengawal dan melaporkan masalah-masalah terkait bansos.

Menurutnya fitur "JAGA BANSOS"  tidak akan maksimal jika masyarakat tidak membantu KPK. Langkah penambahan fitur ini merupakan upaya KPK untuk mengantisipasi pencegahan korupsi dalam program bansos.

"Program ini bisa sukses kalau seluruh masyarakat memberikan partisipasi, untuk itu KPK membuka program yang namanya jaga bansos," katanya.

Ketika mengurus penyelesaian laporan, kata Firli, KPK akan bekerjasama dengan Inspektorat daerah tingkat provinsi atau kabupaten/kota dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Segera lapor disitu nanti kita akan segera respon," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00