Soekarno Perkenalkan Pancasila di Kongres AS 1956

Foto tangkapan layar instagram @videosejarah

KBRN, Jakarta: Beredar luas melalui berbagai media sosial video pidato Presiden RI pertama Soekarno. Saat itu Bung Karno mendapat kesempatan berpidato di depan Kongres Amerika Serikat dalam kunjungannya ke negara itu pada 17 Mei 1956. Kesempatan itu digunakannya untuk mengenalkan Pancasila. 

Video itu beredar lagi tepat pada tanggal 1 Juni, hari diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. 

Dalam video tersebut, awalnya Bung Karno membahas masalah dunia, namun pada satu bagian pidatonya dia menyempatkan menjelaskan Pancasila sebagai panduan dalam berbangsa di Indonesia.

“Saat deklarasi kemerdekaan kami pada Agustus 1945, kami melampirkan dalam pembukaan konstitusi kami, Pancasila. Panca berarti lima, sila berarti prinsip. Pancasila adalah lima prinsip panduan dalam kehidupan berbangsa kami,” kata Soekarno dalam pidatonya yang selalu banjir tepuk tangan pada tahun 1956 silam, seperti yang dilihat rri.co.id dalam instagram @videosejarah. 

Soekarno juga menjelaskan demokrasi yang dianut bangsa Indonesia dalam menjalankan kehidupan berbangsa.

"Mungkin Anda sudah tahu apa itu Pancasila. Ini merupakan lima prinsip bagi bangsa kami. Yaitu, pertama, percaya kepada Tuhan. Kedua, nasionalisme. Ketiga, kemanusiaan. Keempat, demokrasi. Kelima, keadilan sosial."

Pidato tersebut masih terekam jelas dalam sebuah video berdurasi 1 menit lebih.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00