New Normal, Ceramah Dibatasi 20 Persen Jamaah

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi (Doc Istimewa).jpg

KBRN, Jakarta: Kementerian Agama segera menerbitkan surat edaran (SE) terkait pembukaan kembali fungsi rumah ibadah menjelang penerapan kebijakan new normal (tatanan normal baru) di tengah pandemi virus corona (Covid-19), Jumat (29/5/2020) esok.

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyatakan, aturan lain tertuang dalam SE sedang dirancang seperti aturan mengenai ceramah di rumah ibadah. 

"Pemerintah memperbolehkan menggelar ceramah di rumah ibadah, asalkan hanya dihadiri oleh 20 persen jamaah dari seluruh kapasitas rumah ibadah. Esok sore SE akan diterbitkan," kata Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi dalam keterangannya, Kamis (28/5/2020).

Razi menjelaskan, aturan tertuang dalam SE diantaranya seluruh peserta ibadah para setiap rumah ibadah diwajibkan menggunakan masker, tidak berlama-lama di rumah ibadah, anak-anak sementara waktu dilarang masuk ke rumah ibadah, hingga orang yang sakit tidak diperbolehkan untuk memasuki rumah ibadah.

"Sebagai contoh ada tulisan, bapak ibu kurang sehat? Mohon jangan masuk rumah ibadah, atau ada tulisan lain, anak-anak ibadah bagus, tapi sekarang sebaiknya tidak usah dulu, atau banyak lah silahkan dikembangkan dan kami anjurkan dibuat," ujar Razi.

Razi menyatakan, tujuan mengumumkan SE tersebut pada Jumat esok, agar masyarakat dapat mempersiapkan secara matang protokol kesehatan ketika shalat Jumat yang akan digelar pada sepekan kemudian.

"Karena yang agak komplek adalah mempersiapkan salat Jumat, sehingga kalau Jumat sore kami umumkan masih ada satu minggu untuk mempersiapkan pada Jumat berikutnya," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00